0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019

rumah123
rumah123 - Thu, 21 Nov 2019 06:02
Dilihat: 45
Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019Ilustrasi Jalan Tol. Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019, Saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Foto: Rumah123/Getty Images)[/caption]Tol Balikpapan-Samarinda ditargetkan bisa beroperasi secara fungsional pada Desember 2019. Ruas ini merupakan tol pertama di Kalimantan.

Pembangunan jalan Tol Balikpapan-Samarinda nyaris selesai. Laman berita otomotif GridOto.com melansir bahwa pengerjaan konstruksi proyek secara keseluruhan sudah mencapai 97,56 persen hingga 8 November 2019.

Sementara untuk pembebasan lahan telah mencapai 99,54 persen. Pembangunan jalan tol ini dilakukan oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda yang juga anak perusahaan Jasa Marga.

Baca juga:Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Gratis Selama 1 Bulan

"Kami optimis Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat berfungsi fungsional pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," ujar Direktur Jasamarga Balikpapan Samarinda S.T.H. Saragi.

Usai pekerjaan konstruksi jalan tol sudah mencapai 100 persen, tol ini akan menjalani uji laik dan operasi. Tim Evaluasi Laik Fungsi Jalan Tol yang melakukan uji tersebut.

Tol Balikpapan-Samarinda Menghubungkan Dua Kota Terbesar di Kalimantan Timur

Ruas Tol Balikpapan-Samarinda ini memiliki rute sepanjang 99,35 kilometer. Tol ini menghubungkan dua kota terbesar di Kalimantan Timur.

Samarinda merupakan ibu kota Kalimantan Timur. Balikpapan adalah kota industri dan bisnis. Balikpapan dikenal dengan industri perminyakan.

Kehadiran jalan tol diharapkan bisa memangkas waktu perjalanan menjadi satu jam. Sebelumnya, perjalanan kedua kota menggunakan jalan non tol bisa memakan waktu antara tiga hingga empat jam.

Baca juga:5.200 Kilometer Jalan Tol Akan Dibangun Hingga 2024, Mau Investasi Properti Di Mana?

Nantinya, tol ini akan terkoneksi dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang berada di Sepinggan. Jarak bandara ini dari Balikpapan sekitar 11 kilometer.

Selain itu, tol ini akan menghubungkan kedua kota ini dengan ibu kota negara Indonesia yang baru. Ibu kota baru berada di dua kabupaten yaitu Penajam Paser Utaran dan Kutai Kartanegara.

Saat ini, pemerintah sedang menyelenggarakan sayembara desain ibu kota negara. Rencananya, ibu kota baru sudah selesai dibangun pada 2024 mendatang.

Baca juga:Akan Memiliki 5 Tol Baru, Investasi di Yogyakarta-Semarang-Solo Semakin Menarik

Usai pengerjaan Tol Balikpapan-Samarinda bisa menjadi infrastruktur yang menunjang pembangunan dan pengembangan ibu kota baru. Jalan tol diharapkan bisa mendukung percepatan distribusi barang dan jasa antara kedua kota.

Tol Balikpapan-Samarinda Terdiri Dari 5 Seksi

Ruas tol ini terbagi dalam lima seksi. Situs berita online Tirto.id melansir kalau tol ini dibangun sejak November 2016.

Seksi I merupakan ruas Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 kilometer. Seksi II adalah ruas Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer.

Seksi III adalah ruas Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 kilometer. Seksi IV adalah ruas Palaran-Samarinda sepanjang 17,95 kilometer. Seksi V merupakan ruas Balikpapan-Sepinggan sepanjang 11,09 kilometer.

Baca juga:Tol Bandung-Cilacap Akan Dibangun dengan Rute Sepanjang 210 Kilometer

Saragi menyatakan seksi II, III, dan IVa sedang dalam proses pra uji laik fungsi. Sedangkan Seksi I hingga IV ditargetkan bisa beroperasi fungsional pada Desember 2019. Biasanya saat jalan tol beroperasi secara fungsional, masyarakat bisa menggunakan secara gratis.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) yang akan menentukan tarif tol. Penentuan tarif dilakukan setelah ruas tol lulus uji laik dan uji operasi.

]]>
Sumber: rumah123

Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019

Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019

Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019

Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019

Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya