0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tren Wisata Domestik Diproyeksi Melonjak Mulai 2021

Republika Online
Republika Online - Wed, 25 Nov 2020 15:30
Dilihat: 41
Tren Wisata Domestik Diproyeksi Melonjak Mulai 2021

JAKARTA--Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memproyeksi, tren wisata domestik dan wisata alam akan mengalami lonjakan pada 2021.

Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf, Wawan Rusiawan, menjelaskan pada 2021 masyarakat masih akan cenderung memilih destinasi wisata domestik dibandingkan wisata luar negeri. Tak hanya itu, masyarakat pun akan cenderung memilih wisata alam untuk tujuan destinasi wisatanya.

"Tren wisata di masa Covid-19 yang dapat dikatakan masih berlangsung pada 2021, yang pertama adalah masyarakat masih memilih tujuan wisata domestik. Kemudian juga kita lihat wisata alam menjadi populer," kata Wawan dalam pernyataan resmi Kemenparekraf, diterima Republika.co.id, Rabu (25/11).

Wawan menjelaskan, Kemenparekraf akan memberikan fokus dominan untuk membenahi destinasi wisata domestik khususnya wisata alam. Sebab wisata alam dipastikan menjadi primadona di tahun 2021 hingga pascapandemi nanti.

"Kemenparekraf tentu harus memberikan fokus yang lebih dominan yang bisa membenahi destinasi-destinasi wisata alam, kita ke depan harus mencari cara-cara baru bagaimana pariwisata di Indonesia bisa lebih menarik dan berkembang," katanya.

Dalam masa pandemi saat ini, prioritas wisatawan pun bergeser pada prioritas protokol kesehatan CHSE (cleanliness, health, safety, dan environmental sustainability). Keempat hal itu menjadi faktor penting dalam proses pengambilan keputusan memilih destinasi yang bakal dikunjungi wisatawan.

Wawan pun menegaskan, pelaksanaan protokol kesehatan berbasis CHSE ini menjadi sebuah hal yang penting bagi pemerintah maupun masyarakat.

Sementara itu, Head of Strategic Partnership Traveloka Accommodation, Louis Alfonso, mengatakan, pada masa pandemi Covid-19, wisatawan cenderung lebih mementingkan destinasi wisata dengan standar protokol kesehatan dibandingkan promo yang disediakan oleh para pelaku usaha parekraf. "Masyarakat sangat mementingkan kebersihan dan kesehatan untuk berwisata di masa pandemi Covid-19, diskon nomor dua," ujar Louis.

Lebih lanjut, Louis mengatakan, berdasarkan data riwayat pencarian di Traveloka, sudah terlihat adanya peningkatan animo masyarakat untuk berlibur pada akhir tahun hingga awal 2021.

Ia menuturkan, dengan data yang terekam oleh Traveloka, terlihat ada sinyal positif yang diharapkan akan didukung dengan mulai tersedianya vaksin yang sudah diproduksi secara massal. Adanya vaksi, kata dia, akan sangat membantu kinerja pariwisata di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, Agustini Rahayu, mengatakan Kemenparekraf telah bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait untuk melakukan sertifikasi dan verifikasi para pelaku parekraf untuk mengimplementasikan protokol kesehatan berbasis CHSE.

"Protokol kesehatan ini perlu diterapkan bersinergi dengan aktivitas di semua sektor kehidupan terutama di pariwisata dan ekonomi kreatif, jadi semua harus paralel berjalan, kuncinya harus ada komitmen bersama untuk menjaga protokol kesehatan secara disiplin," ujarnya.


Berita Terkait
  • Banyak Warga Mesir tak Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan
  • Pemkot Jakpus: Pengungsi Banjir Harus Rapid Test
  • Pandemi Belum Usai, Satgas Minta Masyarakat Bersabar
Berita Lainnya
  • Pembangunan Monumen Pahlawan Nasional Depati Amir Dimulai
  • Perbasi Dapat Dana Bantuan Menpora Rp 1,8 M

Tren Wisata Domestik Diproyeksi Melonjak Mulai 2021

Tren Wisata Domestik Diproyeksi Melonjak Mulai 2021

Tren Wisata Domestik Diproyeksi Melonjak Mulai 2021

Tren Wisata Domestik Diproyeksi Melonjak Mulai 2021

Tren Wisata Domestik Diproyeksi Melonjak Mulai 2021

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya