0
Thumbs Up
Thumbs Down

UGM Resmikan Distribusi GeNos ke Masyarakat

Republika Online
Republika Online - Mon, 01 Mar 2021 20:38
Dilihat: 228
UGM Resmikan Distribusi GeNos ke Masyarakat

YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) secara resmi mendistribusikan 2.021 unit GeNos C19 kepada masyarakat. Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, berharap Indonesia akan bisa mempercepat dan memperluas jangkauan skrining Covid-19 dengan terdistribusinya GeNose C19 ke seluruh daerah.

"Terlaksananya akselerasi penghiliran produk inovasi GeNose C19 ini diharapkan dapat segera membantu mengatasi permasalahan bangsa dalam pelaksanaan mitigasi dan percepatan proses penanganan pasien Covid-19 di Indonesia," ujar Panut di Yogyakarta, Senin (1/3).

Sementara itu Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM, Dr. Hargo Utomo menjelaskan dari 2021 unit tersebut, sebagian besar akan diserahkan kepada fasilitas kesehatan melalui distributor resmi.

"GeNose C19 akan diproduksi dan didistribusikan secara bertahap. Sebagian besar penerima GeNose C19 terkonsentrasi di Jawa, dan sebagian pengiriman ditujukan ke Kalimantan dan Sulawesi," kata Hargo.

Salah satu penemu GeNose C19, Dr. dr. Dian K. Nurputra, menerangkan saat ini, GeNose C19 sudah diinspeksi kembali oleh Kementerian Kesehatan dan mendapatkan pengakuan cara uji klinis yang baik dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan.

"GeNose sudah layak beredar sejak diakui oleh Kementerian Kesehatan melalui pemberian izin penggunaan darurat dan yang terbaru Kementerian Perhubungan juga telah menerbitkan aturan mengenai GeNose sebagai syarat perjalanan," terang Dian.

Sementara itu, dr dr Mochammad Isnaini, project leader GeNose dari PT Sigma Andalan Nusa, merespons positif pendistribusian secara massal alat pengendus Covid-19 ini.

"Rasanya inilah solusi mengatasi Covid pada hari ini. Dengan tingkat akurasi yang tinggi serta durasi waktu mendeteksi virus dalam dua hari, tentunya akan memberikan pengaruh besar dalam usaha mendeteksi penyebaran," ujarnya.

Isnaini juga mengatakan pihaknya akan berusaha secara maksimal menjemput bola dalam mendistribusikan unit GeNos ini. "Sejauh ini respons masyarakat Sudah sangat positif. Bahkan Wali kota Makassar sudah memesan 1.000 unit untuk membuat wilayah mereka menjadi green zone," katanya.


Berita Terkait
  • Rektor UGM Minta Alumnus Ambil Bagian Penanganan Covid-19
  • Rektor UGM Harap Kepastian Perlindungan TGPF Intan Jaya Papu
  • UGM Gelar Halalbihalal Virtual
Berita Lainnya
  • Prediksi Susunan Pemain Real Madrid vs Real Sociedad
  • Denda Pelanggaran Prokes di Jakarta Rp403 Juta dalam Sebulan

UGM Resmikan Distribusi GeNos ke Masyarakat

UGM Resmikan Distribusi GeNos ke Masyarakat

UGM Resmikan Distribusi GeNos ke Masyarakat

UGM Resmikan Distribusi GeNos ke Masyarakat

UGM Resmikan Distribusi GeNos ke Masyarakat

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya