0
Thumbs Up
Thumbs Down

UMKM Baru Bermunculan

Nusabali
Nusabali - Mon, 27 Jul 2020 13:54
Dilihat: 40
UMKM Baru Bermunculan
"Caranya mungkin dengan pembinaan teknis kemasan atau packing dan lainnya. Karena produk UMKM nanti tidak saja untuk pasar lokal, namun mesti bisa diperluas ke pasar regional bahkan internasional," kata Jarta.

Sedangkan soal skill dan kemampuan dari pelaku UMKM dinilai tak ada masalah. Jarta mengiyakan bermunculannya UMKM-UMKM baru sebagai alternatif usaha menyiasati dampak Covid-19. Ada yang mungkin sebelumnnya karyawan usaha pariwisata dan usaha lainnya beralih berjualan atau usaha lain, karena sektor pariwisata terpuruk.

Ini gejala yang menunjukkan bahwa perekonomian Bali tidak boleh hanya bergantung pada satu sektor saja, yakni sektor pariwisata. Namun sektor lain memang harus semakin mendapat perhatian untuk dikuatkan dan dikembangkan. Sehingga keseimbangan perekonomian Bali relative terjaga, jika salah satu sektor mengalami guncangan. "Tentu nanti kami akan rangkul dan data mereka," ucapnya.

Terpisah pengamat ekonomi kreatif dari Bali Creative Industry Center (BCIC) I Dewa Gede Darendra menyatakan UMKM yang banyak bermunculan seperti dalam bidang kuliner seperti makan dan minum, maupun bentuk-bentuk usaha penjualan merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif juga. "Menurut saya kreatif itu bukan hanya sebatas dalam pengertian industri kerajinan," ujar pria asal Kota Bangli.

Namun bertekad merintis usaha dalam skala UMKM, juga merupakan usaha kreatif. Malah kata Dewa Darendra maraknya UMKM, memberi terapi ekonomi. Walau tidak banyak, karena memang dalam skala UMKM. Tetapi sudah menjadi alternatif usaha, menanggulangi shock ekonomi akibat pandemi Covid-19. " UMKM makan dan minum yang paling banyak muncul, karena kedunya merupakan kebutuhan primer," ucap Dewa Darendra. Dia berharap fenomena munculnya UMKM yang terpantik akibat dampak pandemi Covid-19 mendapat respons dan atensi dari pemerintah untuk pembinaan. *k17
Sumber: Nusabali

UMKM Baru Bermunculan

UMKM Baru Bermunculan

UMKM Baru Bermunculan

UMKM Baru Bermunculan

UMKM Baru Bermunculan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya