0
Thumbs Up
Thumbs Down

Urai Kemacetan Jabar Bagian Selatan, Jalur Kereta Api Ciranjang-Cipatat Beroperasi Lagi

wartaekonomi
wartaekonomi - Wed, 23 Sep 2020 13:47
Dilihat: 47
Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan pengaktivan kembali (reaktivasi) jalur kereta api (KA) Cianjur-Ciranjang-Cipatat yang merupakan segmen kedua dari program reaktivasi jalur KA Cianjur-Padalarang.

Peresmian reaktivasi dilakukan Menhub Budi Karya Sumadi di Stasiun Cipeyeum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/9/2020). Budi menjelaskan bahwa reaktivasi ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas jalan raya di wilayah Jawa Barat bagian Selatan.

"Saat ini lalu lintas dari Jakarta dan sekitarnya menuju wilayah Jawa Barat bagian selatan kepadatannya cukup tinggi sehingga mengakibatkan kemacetan, waktu tempuh jadi panjang. Kemenhub telah dan sedang membangun jalur ganda kereta api lintas Bogor-Sukabumi sepanjang 57 km serta melakukan program reaktivasi jalur KA Cianjur-Padalarang. Harapannya dapat memperlancar konektivitas dan aksesibilitas masyarakat Bogor dan Sukabumi-Padalarang dan sekitarnya," tuturnya.

Baca Juga: Guys! Ada Tiket Kereta Promo dari KAI, Ini Daftar Keretanya

Baca Juga: KAI Tambah Stasiun Layani Rapid Test Covid-19, Total Ada di 21 Stasiun

Reaktivasi jalur Ciranjang-Cipatat ini merupakan tindak lanjut dari reaktivasi segmen satu Cianjur-Ciranjang yang telah dilaksanakan pada 2019 lalu. Pekerjaan segmen dua Ciranjang-Cipatat yang telah diselesaikan di antaranya peningkatan jalur KA serta normalisasi badan jalan.

Selanjutnya, akan dibangun segmen terakhir atau segmen tiga Cipatat-Padalarang sepanjang 13,8 km yang ditargetkan akan dimulai pada 2022.

Adapun target peningkatan untuk pengoperasian jalur kereta api ini adalah peningkatan kapasitas lintas dari semula tiga perjalanan KA menjadi tujuh perjalanan KA. Penambahan jumlah rangkaian kereta yang sebelumnya hanya terdapat lima rangkaian kereta bertambah menjadi delapan rangkaian.

Selain itu, waktu tempuh KA Cipatat-Sukabumi atau sebaliknya adalah 2,5 jam atau sekitar 30 menit lebih cepat dari moda transportasi darat mobil atau bus. Serta ditargetkan pula jumlah penumpang yang diangkut yang semula maksimal 2.169 orang per hari, meningkat menjadi 6.507 orang per hari.

Sementara untuk KA logistik atau barang Cianjur-Padalarang, yang sebelumnya memiliki lima rangkaian ditargetkan bertambah menjadi enam rangkaian, serta peningkatan kapasitas angkut kereta yang semula 30 ton per hari meningkat menjadi 42 ton per hari.

Budi pun berharap bertambahnya jalur kereta yang sudah direaktivasi ini akan meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi umum moda kereta api serta memicu pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

"Pemerintah berharap pembangunan jalur ganda KA dan reaktivasi ini dapat mendorong masyarakat mau beralih dari moda angkutan jalan menjadi menggunakan moda kereta api. Selain itu, harapannya agar pelaku industri dan perdagangan mau beralih dari moda transportasi berbasis jalan raya menggunakan moda transportasi berbasis rel," ucapnya.

Sebelumnya pada 2 September lalu, telah dilakukan uji coba operasional jalur Ciranjang-Cipatat dengan menggunakan Kereta Luar Biasa berisi lima rangkaian kereta dari Stasiun Ciranjang ke Stasiun Cipatat yang ditempuh dengan kecepatan 40 km per jam, sedangkan arah sebaliknya ditempuh dengan kecepatan 60 km per jam.

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Rosmayanti


Foto: Septianda Perdana

Sumber: wartaekonomi

Urai Kemacetan Jabar Bagian Selatan, Jalur Kereta Api Ciranjang-Cipatat Beroperasi Lagi

Urai Kemacetan Jabar Bagian Selatan, Jalur Kereta Api Ciranjang-Cipatat Beroperasi Lagi

Urai Kemacetan Jabar Bagian Selatan, Jalur Kereta Api Ciranjang-Cipatat Beroperasi Lagi

Urai Kemacetan Jabar Bagian Selatan, Jalur Kereta Api Ciranjang-Cipatat Beroperasi Lagi

Urai Kemacetan Jabar Bagian Selatan, Jalur Kereta Api Ciranjang-Cipatat Beroperasi Lagi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya