0
Thumbs Up
Thumbs Down

Usulan Amien ke Jokowi Dinilai Logis dan Bijak

Republika Online
Republika Online - Mon, 22 Jul 2019 00:07
Dilihat: 34
Usulan Amien ke Jokowi Dinilai Logis dan Bijak

JAKARTA - Anggota Dewan Kehormatan (Wanhor) PAN, Dradjad Wibowo mengatakan solusi yang disampaikan Ketua Wanhor PAN Amien Rais adalah sebuah terobosan yang sangat logis dan bijak.

Dradjad menjelaskan, usuan Amien sangat logis dan bijak karena usulan itu mengakomodasi keinginan Jokowi dan timnya untuk rekonsiliasi dengan Prabowo dan pendukungnya. "Saya menyebutnya 'keinginan pak Jokowi dan timnya' berdasarkan siapa tokoh yang berinisiatif mewujudkan pertemuan MRT beberapa hari lalu," kata Dradjad dalam pesan whatsapp kepada Republika.co.id, Ahad (21/7).

Selain itu, lanjutnya, usulan itu mengakomodasi aspirasi dan perjuangan para pendukung Prabowo. Termasuk di dalamnya mengakomodasi jamaah 212.

Amien Rais, kata Dradjad, adalah salah satu penasihat alumni 212. Platform perjuangan jamaah 212 sudah dimasukkan ke dalam visi misi Prabowo-Sandi. Karena itu, menurutnya, sangat logis jika Amien meminta platform perjuangan Prabowo dan pendukungnya dimasukkan oleh Jokowi sebagai bagian dari platform nasional.

"Artinya, akan terjadi "Rekonsiliasi Platform" antara "Platform Jokowi" dan "Platform Prabowo". Bagaimana rinciannya? Tentu perlu tim ahli dari kedua pihak untuk merumuskannya," papar politikus yang juga ekonom tersebut.

Mengenai usulan Amien tentang komposisi 55-45, menurut Dradjad, itu adalah ijtihad berdasarkan perhitungan suara versi KPU dan keputusan MK. Dikatakannya, meski menghormati keputusan lembaga negara, banyak pendukung Prabowo-Sandi yang meyakini itu bukan cerminan kebenaran dan keadilan. "Tapi karena yang resmi adalah angka tersebut, ya harus dirujuk," kata dia.

Jadi, akan terjadi "Rekonsiliasi Dukungan" yang disesuaikan dengan prosentase suara resmi. Artinya, kata Dradjad, nanti 55 ditambah 45 sama dengan 100 persen itu bersama-sama membantu Jokowi dan KH Ma'ruf sebagai presiden dan wapres.

"Memang dalam sistem ketatanegaraan kita, "Rekonsiliasi Dukungan" ini tidak dikenal. Itu sebabnya pak Amien juga tidak yakin akan terwujud," ungkapnya.

Tapi Amien Rais, menurut Dradjad, mengatakan kalau mungkin, alhamdulillah. Karena jika terwujud, ungkapnya, maka akan benar-benar mempunyai kepemimpinan nasional yang platform dan dukungannya mencerminkan 100% rakyat Indonesia.


"Jika tidak disetujui, ya tidak masalah. Solusi dari pak Amien itu kan merespon keinginan pak Jokowi dan tim beliau," ungkapnya.

Berita Terkait
  • Amien Rais dan Prabowo Diminta Jemput Habib Rizieq
  • WP KPK Terkejut Atas Target Jokowi untuk TPF Kasus Novel
  • Komposisi Kabinet Jokowi-Ma'ruf Diprediksi tak Jauh Berbeda
Berita Lainnya
  • Arsenal Sedikit Lagi Dapatkan Striker Brasil Everton Soares
  • Wisatawan Masih Gemar Panjat Batu Uluru Australia

Usulan Amien ke Jokowi Dinilai Logis dan Bijak

Usulan Amien ke Jokowi Dinilai Logis dan Bijak

Usulan Amien ke Jokowi Dinilai Logis dan Bijak

Usulan Amien ke Jokowi Dinilai Logis dan Bijak

Usulan Amien ke Jokowi Dinilai Logis dan Bijak

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya