0
Thumbs Up
Thumbs Down

Volume Sampah Melonjak, DLH Kewalahan

Nusabali
Nusabali - Sat, 22 Feb 2020 12:48
Dilihat: 129
Volume Sampah Melonjak, DLH KewalahanTABANAN,
Sebelumnya, hanya 80 ton per hari. Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan pun kewalahan untuk mengangkut sampah itu.

Sampah di bak penampungan pun meluber. Pantauan di lapangan, Jumat (21/2), di Jalan Diponegoro, Tabanan, sebagian bak sampah penuh. Saking penuhnya sampah sampai meluber ke trotoar. Pemandangan ini hampir merata terjadi usai Hari Raya Galungan. Karena masing-masing rumah tangga menambah volume sampah utamanya sampah upakara.

Kepala DLH Tabanan I Made Subagia mengakui dengan peningkatan sampah pasca hari raya, pihaknya kewalahan untuk mengangkut. Namun hal itu akan diatasi dimana pengangkutan sampah pasca hari raya ditarget rampung diangkut sampai Minggu (23/2) nanti. "Mulai memaksimalkan pengangkutan tadi pagi (kemarin,Red), kalau kemarin baru beberapa. Sekarang kami akan lembur," tegasnya.

Dikatakan, peningkatan sampah pasca hari raya per hari rata-rata mencapai 100 ton per hari masuk ke TPA Mandung. Biasanya kalau hari biasa hanya mencapai 80 ton. "Kami harapkan juga masyarakat yang sampahnya belum terangkut mohon bersabar. Kita pasti akan angkut secara bergiliran," terang Subagia.

Menurut Subagia, untuk saat ini armada pengakutan sampah masih aman. Begitu pula alat berat di TPA sudah stand by untuk melakukan penarikan sampah agar tidak sampai menggunung. "Armada kita aman meskipun ada yang rusak sudah ada penggantinya," terangnya.

Disisi lain meskipun adanya Karya Pengurip Gumi di Pura Luhur Batukaru sampah tersebut sudah bisa diatasi. Sebab DLH sudah bekerjasama dengan komunitas lingkungan di Tabanan untuk memilah sampah. Sampah upakara, sampah plastik, sampah lungsuran dipilah. Untuk sampah upakara dijadikan kompos, sampah plastik dicacah, dan sampah upakara dipisah bahkan dikasi ternak. "Jadi hampir tidak ada sampah yang ke TPA. Andai saja masyarakat seluruhnya memilah sampahnya, maka sampah ke depan tidak jadi masalah," tandas Subagia.*des
Sumber: Nusabali

Volume Sampah Melonjak, DLH Kewalahan

Volume Sampah Melonjak, DLH Kewalahan

Volume Sampah Melonjak, DLH Kewalahan

Volume Sampah Melonjak, DLH Kewalahan

Volume Sampah Melonjak, DLH Kewalahan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya