0
Thumbs Up
Thumbs Down

Waduh, Penyintas Covid-19 Keluhkan Rambut Rontok

okezone
okezone - Fri, 23 Oct 2020 09:00
Dilihat: 46
Waduh, Penyintas Covid-19 Keluhkan Rambut Rontok

Apa yang terjadi usai dinyatakan sembuh dari Covid-19 masih terus diselidiki. Bukan hanya soal seberapa lama antibodi bertahan di dalam tubuh penyintas, karena adanya kasus kekambuhan, tapi juga efek buruk dari infeksi itu sendiri.

Seorang penyintas Covid-19 bercerita, efek dari penyakit tersebut, dia mengalami rambut rontok. Di awal kejadian, sekitar dua bulan lalu, Stacey Maravola tak begitu khawatir.

"Saya keramas di suatu hari dan saat saya meremas rambut saya, tetiba segumpal rambut ikut tertarik. Saya kemudian berpikir, ini mungkin rambut yang tersangkut di kunciran saya," cerita Maravola, perempuan berusia 44 tahun dari Leetsdale, Pennsylvania, dilaporkan NBC News.

Tapi, selama dua bulan setelahnya rambut Maravola terus mengalami kerontokan. Momen itu biasanya terjadi saat dirinya keramas. "Karena itu, saya jadi takut buat keramas. Ketika keramas, saya selalu menangis di tengah kucuran air karena rambut saya terus rontok," keluhnya.

Maravola adalah satu dari banyaknya penyintas Covid-19 yang menghadapi rambut rontok cukup dramatis. Para peneliti pun tidak menduga efek samping ini bisa terjadi. Sangat mengejutkan.

"Masalah itu tentu sangat menjengkelkan bagi para penyintas Covid-19. Mereka sudah senang terbebas dari penyakit misterius tersebut, tapi kemudian menghadapi masalah lain," kata Dr Sara Hogan, seorang dokter kulit dan instruktur klinis ilmu kesehatan di David Geffen School of Medicine.

Diterangkan di sana, rambut rontok tiba-tiba bisa terjadi setelah peristiwa yang membuat stres, termasuk operasi besar atau bahan pemicu stres emosional seperti memulai pekerjaan baru. Nah, pandemi memberi tingkat stres yang cukup terasa bagi semua orang dan itu yang membuat banyak orang mengalami rambut rontok juga selama pandemi.

"Sebelum pandemi, saya menangani pasien rambut rontok itu tiga hingga lima orang dalam seminggu, sekarang, di masa pandemi, saya bisa menangani 7 orang per hari," terangnya.


Baca juga: Positif Covid-19, Sebaiknya Segera Lakukan 6 Hal Ini

Sumber: okezone

Waduh, Penyintas Covid-19 Keluhkan Rambut Rontok

Waduh, Penyintas Covid-19 Keluhkan Rambut Rontok

Waduh, Penyintas Covid-19 Keluhkan Rambut Rontok

Waduh, Penyintas Covid-19 Keluhkan Rambut Rontok

Waduh, Penyintas Covid-19 Keluhkan Rambut Rontok

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya