0
Thumbs Up
Thumbs Down

Waspada, Pembobol Bank Sangat Profesional

okezone
okezone - Thu, 30 Jul 2020 14:15
Dilihat: 44
Waspada, Pembobol Bank Sangat Profesional

JAKARTA - Berbagai kasus pencurian seperti pembobolan rekening bank atau menguras saldo dompet digital melalui nomor ponsel semakin marak. Hal ini dikarenakan masih rendahnya tingkat keamanan data pada perbankan maupun pada layanan E-commerce.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, penjahat digitilisasi pada perbankan ini ternyata sudah profesional. Hal ini dikarenakan para pelaku terus mengumpulkan data nasabah berulang kali agar bisa membobolnya.

Baca juga: Jouska Diminta Selesaikan Kasus dengan Nasabahnya

"Modusnya macam-macam dan banyak yang kita lihat itu enggak melakukan pencurian data sekali tapi berulang kali mereka mengumpulkan datanya, terus mencari kendalanya gimana dicari terus sama penjahat digital yang mana mereka kerjanya sangat profesional," kata Heru dalam diskusi bersama IDX Channel, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Dia mengibaratkan dalam memperbaiki sistem keamanan digital keuangan itu layaknya kecelakaan pesawat. Adapun, perbaikannya yakni mencari apa yang kurang dan harus ditingkatkan seperti mencari penyebab data nasabah bisa bobol dan diretas.

Baca juga: Nasabah KSP Indosurya Gelar Demo, Ini Tuntutannya

"Kita belajar dari kecelakaan pesawat dari pihak internasional enggak mencari kesalahan tapi apa yang perlu diperbaki kita dalami apa yang bocoran data ini dimana kenapa bisa terjadi kebocoran ini biar bisa ditambal," jelasnya.

Dia menambahkan perbankan juga perlu memperketat keamanan data pribadi konsumen agar jangan sampai dimanfaatkan untuk memperoleh akses SIM Card. Adapun mengaktifkan mobile banking misalnya, konsumen masih harus memasukkan data cukup lengkap seperti nomor kartu ATM sampai tanggal lahir.


"Pelaku harus mendapatkan data itu dulu. Jika kemudian bisa dibobol, maka ada kebocoran data pengguna layanan perbankan, yang bisa terjadi di sisi bank itu sendiri atau dari sisi konsumen misal saat mengurus Kredit Tanpa Agunan," tandasnya.

Sumber: okezone

Waspada, Pembobol Bank Sangat Profesional

Waspada, Pembobol Bank Sangat Profesional

Waspada, Pembobol Bank Sangat Profesional

Waspada, Pembobol Bank Sangat Profesional

Waspada, Pembobol Bank Sangat Profesional

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya