0
Thumbs Up
Thumbs Down

Waspadai Malware Versi Baru Disusupkan Lewat Lampiran Email

Republika Online
Republika Online - Thu, 10 Jun 2021 17:43
Dilihat: 72
Waspadai Malware Versi Baru Disusupkan Lewat Lampiran Email

JAKARTA -- Versi baru Trojan akses jarak jauh yang dikenal sebagai Agen Tesla muncul kembali. Para peneliti menyebutnya sebagai versi terbaru dari malware yang menggunakan lampiran email yang terinfeksi. Tujuannya untuk mencuri semuanya mulai dari kredensial nama pengguna dan kata sandi hingga mata uang digital.

Malware ini sebenarnya cukup umum dan telah ada setidaknya sejak tahun 2014. Peneliti di Fortinet dalam laporan penelitian ancaman yang baru diterbitkan mencatat bahwa malware ini melalui dokumen Microsoft Excel yang dilampirkan ke email spam tempat malware mengunduh dan mengeksekusi beberapa bagian kode.

"Malware ini digunakan untuk membajak informasi alamat bitcoin dan mengirimkan varian baru Agen Tesla ke perangkat korban," kata peneliti dilansir di BGR, Kamis (10/6).

Menurut peneliti, kebanyakan penyerang suka menyebarkan malware dalam email phishing. Akibatnya, kampanye phishing baru terdeteksi setiap hari oleh FortiGuard Labs.

"Orang harus lebih berhati-hati saat membuka file yang dilampirkan ke email." ujar peneliti tersebut.

Email yang digunakan sebagai vektor untuk serangan ini dibuat menyerupai email bisnis yang sah. Salah satu contoh email berbahaya sebagai bagian dari kampanye ini termasuk lampiran Excel berjudul "Persyaratan dan Spesifikasi Pesanan" yang diminta untuk dibuka oleh penerima. Setelah mereka melakukannya, Agen Tesla diunduh ke mesin korban.

Awal tahun ini, peneliti Sophos memperingatkan bahwa Agen Tesla adalah ancaman yang sangat tangguh dan merusak. Selama berbulan-bulan, Agen Tesla tetap berada di antara keluarga malware teratas dalam lampiran berbahaya yang ditangkap oleh Sophos.

Karena aliran serangan Agen Tesla yang berkelanjutan ini, peneliti percaya bahwa malware akan terus diperbarui dan dimodifikasi oleh pengembangnya untuk menghindari titik akhir dan alat perlindungan email.

Di antara kemampuan baru dari varian Agen Tesla yang diperbarui ini adalah bahwa virus ini sekarang dapat mengambil data dari clipboard Windows, selain jumlah aplikasi yang dapat ditargetkan telah diperluas secara signifikan.

Perlindungan yang direkomendasikan untuk membantu menjaga keamanan pengguna dari ancaman seperti ini sama seperti biasanya dan tidak mengejutkan. Misalnya Sophos, mencatat bahwa akun email yang digunakan untuk menyebarkan Agen Tesla cenderung merupakan akun sah yang telah disusupi.

Untuk alasan itu, seseorang tidak boleh mengklik buka email tanpa berpikir, atau secara otomatis membuka lampiran apa pun yang ada di email tersebut.

"Organisasi dan individu harus, seperti biasa, memperlakukan lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal dengan hati-hati, dan memverifikasi lampiran sebelum membukanya," ucap Sophos.


Berita Terkait
  • Malware Misterius Dapatkan 26 Juta Kata Sandi dari 3 Juta PC
  • Kaspersky Temukan Malware Perbankan Baru Asal Brasil
  • Waspada, Malware Ini Bisa Mencuri Kata Sandi
Berita Lainnya
  • Lonjakan Kasus Kudus Tolok Ukur Kemunculan Varian Baru Covid
  • Beli Mobil Bisa Bebas Pajak, Mengapa Sembako Mau Dipajaki?

Waspadai Malware Versi Baru Disusupkan Lewat Lampiran Email

Waspadai Malware Versi Baru Disusupkan Lewat Lampiran Email

Waspadai Malware Versi Baru Disusupkan Lewat Lampiran Email

Waspadai Malware Versi Baru Disusupkan Lewat Lampiran Email

Waspadai Malware Versi Baru Disusupkan Lewat Lampiran Email

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya