0
Thumbs Up
Thumbs Down

WHO Belum Akui Virus Corona Menyebar lewat Udara?

okezone
okezone - Mon, 21 Sep 2020 09:04
Dilihat: 45
WHO Belum Akui Virus Corona Menyebar lewat Udara?

Selama berbulan-bulan, para ilmuwan mencatat fakta-fakta terkini dengan kemungkinan penularan virus corona melalui partikel virus di udara (aerosol) dan mendorong badan kesehatan dunia (WHO) untuk mengakuinya.

Menurut laporan CNN, pada April, panel ilmiah bergengsi menyatakan bahwa penelitian menunjukkan virus corona dapat menyebar tidak hanya lewat droplet bersin atau batuk, tetapi juga bebricara bahkan bernapas.

"Sementara penelitian khusus Covid-19 saat ini terbatas, hasil penelitian yang tersedia konsisten bahwa aerosolisasi atau penyebaran virus corona melalui udara bisa terjadi dari proses bernapas," menurut surat yang ditulis dr Harvey Fineberg, mantan dekan Harvard School of Public Health.

Ia menambahkan, saat ini penelitian yang tersedia mendukung kemungkinan bahwa virus corona benar menyebar lewat udara yang dihasilkan langsung oleh pernapasan pasien Covid-19.

Lalu, pada Juli, 39 peneliti menerbitkan surat yang mendesak WHO dan organisasi kesehatan masyarakat lainnya untuk lebih terbuka tentang kemungkinan orang tertular Covid-19 melalui udara.

Dalam pernyataan tertulis itu, para peneliti menilai sejauh ini WHO dan badan kesehatan lainnya hanya menganjurkan tindakan pencegahan dengan mencuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker. Menurut peneliti, tindakan pencegahan itu belum cukup.

"Menurut pandangan kami, tidak cukup seseorang melakukan perlindungan diri dengan tindakan tersebut. Harus ada upaya pencegahan lainnya, khususnya menghalau masuknya virus yang melayang di udara ke saluran pernapasan," terang peneliti.

Setelah surat itu diterbitkan, WHO pun merilis laporan yang merinci bagaimana virus corona dapat menular dari satu orang ke orang lain, termasuk melalui udara selama prosedur medis tertentu dan kemungkinan virus menyebar lewat udara di ruangan padat dan berventilasi buruk.

Di sisi lain, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) pun mulai sepakat bahwa virus corona terbukti menyebar lewat udara. Hal itu dilihat dari keluarnya pernyataan bahwa virus corona dapat menyebar melalui partikel kecil yang ada di udara (aerosol).

Baca juga: Kecilnya Imut, Sudah Besar Kaneishia Yusuf Cantik Ya

"Virus di udara termasuk Covid-19, termasuk yang paling menular dan mudah menyebar," tulis CDC dalam situs resminya.


Laporan itu pun menjelaskan bahwa partikel-partikel virus di udara itu dapat menyebabkan infeksi ketika terhirup ke dalam hidung, masuk ke saluran udara, dan tersimpan di paru-paru. "Ini dianggap sebagai cara utama penyebaran virus sekarang," kata CDC.

Sumber: okezone

WHO Belum Akui Virus Corona Menyebar lewat Udara?

WHO Belum Akui Virus Corona Menyebar lewat Udara?

WHO Belum Akui Virus Corona Menyebar lewat Udara?

WHO Belum Akui Virus Corona Menyebar lewat Udara?

WHO Belum Akui Virus Corona Menyebar lewat Udara?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya