0
Thumbs Up
Thumbs Down

Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

Republika Online
Republika Online - Tue, 01 Dec 2020 18:31
Dilihat: 74
Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

JAKARTA -- Laporan perusahaan riset teknologi informasi, Gartner, menunjukkan Xiaomi mengungguli Apple ke posisi nomor 3 untuk pertama kalinya pada kuartal ketiga tahun 2020. Xiaomi tercatat menjual 44,4 juta unit, sedangkan Apple menjual 40,5 juta unit, turun 0,6 persen dibandingkan pada 2019.

"Sedikit penurunan ini terutama disebabkan oleh penundaan pengiriman Apple dari generasi baru iPhone 2020, yang pada tahun-tahun sebelumnya akan selalu dimulai pada pertengahan/akhir September. Tahun ini, acara peluncuran dan pengiriman dimulai 4 minggu lebih lambat dari biasanya," wakil presiden riset di Gartner, Annette Zimmermann, dikutip dari situs resmi Gartner, Selasa (1/12).

Di antara lima produsen smartphone teratas, Samsung memegang posisi nomor 1 dengan pangsa pasar 22 persen. Kemudian disusul oleh Huawei dengan pangsa pasar 14,1 persen, sementara Oppo menutup lima besar dengan pangsa pasar 8,2 persen.

Samsung dan Xiaomi adalah satu-satunya vendor di lima besar yang mengalami pertumbuhan pada kuartal ketiga tahun 2020. Samsung diuntungkan dari posisinya yang kuat di antara pengguna Android dan mencatatkan penjualan sebesar 80,8 juta unit.

Xiaomi tumbuh 34,9 persen pada kuartal ketiga tahun 2020, mengamankan 12,1 persen pangsa pasar dan melewati Apple ke posisi No. 3. Xiaomi mendapat keuntungan dari kerugian Huawei termasuk performa yang kuat di China.

Sementara itu, penjualan smartphone di seluruh dunia kepada pengguna akhir berjumlah 366 juta unit pada kuartal ketiga tahun 2020, turun 5,7 persen dari kuartal ketiga tahun 2019, menurut Gartner.

Secara keseluruhan penjualan ponsel global ke pengguna akhir mencapai 401 juta unit, penurunan sebesar 8,7 persen dari tahun ke tahun.

Setelah dua kuartal berturut-turut mengalami penurunan sebesar 20 persen, penjualan ponsel cerdas triwulanan mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan secara berurutan.

Namun, penjualan ponsel pintar terus melemah dibandingkan periode waktu yang sama pada 2019, bahkan dengan vendor memperkenalkan beberapa ponsel cerdas 5G dan pemerintah melonggarkan instruksi berlindung di tempat di beberapa wilayah.

"Konsumen membatasi pengeluaran diskresioner mereka meskipun beberapa kondisi lockdown sudah mulai membaik," kata direktur riset senior di Gartner, Anshul Gupta.

"Penjualan smartphone global mengalami pertumbuhan moderat dari kuartal kedua tahun 2020 hingga kuartal ketiga. Ini karena permintaan yang terpendam dari kuartal sebelumnya," dia melanjutkan.

Ketidakpastian ekonomi dan ketakutan yang terus berlanjut akan gelombang pandemi berikutnya terus memberikan tekanan pada pengeluaran yang tidak penting hingga akhir tahun 2020.

Penundaan dalam peningkatan jaringan 5G juga telah membatasi kesempatan bagi vendor ponsel cerdas. Meski begitu, tanda-tanda awal pemulihan dapat dilihat di beberapa pasar, termasuk beberapa bagian Asia/Pasifik dan Amerika Latin yang dinilai sudah matang.

"Kondisi yang mendekati normal di China meningkatkan produksi ponsel pintar untuk mengisi kesenjangan pasokan pada kuartal ketiga yang sedikit bermanfaat bagi penjualan," kata Gupta.

"Untuk pertama kalinya tahun ini, penjualan ponsel cerdas kepada pengguna akhir di tiga dari lima pasar teratas yaitu India, Indonesia, dan Brasil meningkat, masing-masing tumbuh 9,3 persen, 8,5 persen, dan 3,3 persen," dia menambahkan.


Berita Terkait
  • Buat Klaim iPhone Tahan Air, Apple Didenda Rp 170 Miliar
  • Xiaomi Mi 11 akan Rilis Januari
  • Oppo Catatkan Pertumbuhan Berlipat di Pasar Eropa Barat
Berita Lainnya
  • In Picture: Anies Positif Covid-19, Balai Kota DKI Disemprot Disinfektan
  • Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya