0
Thumbs Up
Thumbs Down

Yasonna Segera Bahas Persoalan Lahan dengan Walkot Tangerang

Republika Online
Republika Online - Sat, 20 Jul 2019 02:07
Dilihat: 28
Yasonna Segera Bahas Persoalan Lahan dengan Walkot Tangerang

JAKARTA -- Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly, mengatakan segera membahas teknis penyelesaian polemik lahan dengan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah. Menurut dia, pemerintah kota (pemkot) Tangerang pun saat ini telah menjamin pelayanan publik di dua bangunan milik Kemenkumham di Tangerang kembali normal.

"Beliau (Wali Kota Arief) mengatakan listrik dan air telah disalurkan. Jadi sudah aman. Persoalan ini sudah selesai kemarin. Tidak ada masalah, " ujar Yasonna kepada wartawan usai rapat koordinasi di Kantor Kemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (20/7).

Dia melanjutkan, persoalannya dengan Wali Kota Arief hanya terkait perbedaan pandangan perihal lahan di Tanah Tinggi, Kota Tangerang. Lahan tersebut merupakan milik Kemenkumham tetapi menurut Wali Kota Arief ada persoalan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan peruntukan sebagai area pertanian untuk lahan tersebut.

Menuruf Yasonna, dalam mediasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Kamis (18/7), sudah dipaparkan perbedaan pendapat antara Wali Kota Tangerang dan pihaknya.

"Jadi ada perbedaan persepsi mengenai tanah Kemenkumham, oleh pemkot (Tangerang). Belum ada izin (mendirikan bangunan politeknik imigrasi dan politeknik pemasyarakatan) yang dibangun Kemenkumham," papar Yasonna.

Setelah pertemuan, sudah ada kesepakatan bahwa IMB dua bangunan milik Kemenkumham segera dikeluarkan. Sementara itu, laporan kepada kepolisian juga diminga untuk dicabut.

"Mengenai gedung kita sudah prinsip setuju diminta supaya pemkot Tangerang menyelesaikan administrasi untuk memproses mengajukan proses hibah kepada kita. Tinggal sekarang teknis penyelesaiannya nanti akan diundang, Pak Gubernur Banten akan mengundang baik itu dari kita, dari Pemkot Tangerang, dari Kementerian PU-PR, dari Kementerian Agraria untuk menyelesaikannya," tegas Yasonna.

Perselisihan antara Pemkot Tangerang dengan Kemenkumham mencuat ke publik setelah Arief dan Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly saling sindir.

Yasonna Laoly menyindir Arief soal IMB di lahan milik Kemenkum HAM di Kota Tangerang yang tak kunjung terbit.

Sindiran itu dikemukakan Yasonna saat peresmian Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi di kawasan pusat pemerintahan Kota Tangerang. Wali Kota Arief juga disindir karena mewacanakan lahan Kemenkumham sebagai lahan pertanian.

Wali Kota Arief lantas membatah tudingan Yasonna. Terkait IMB yang belum terbit, Arief mengatakan, ada urusan administrasi yang sulit sehingga menghambat izin itu.


Peruntukan lahan itu untuk ruang terbuka hijau (RTH), bukan untuk bangunan. Dia pun menyatakan, telah melayangkan surat bernomor 593/2341-Bag Hukum/2019 tentang nota keberatan dan klarifikasi Wali Kota atas pernyataan Menkumham.

Berita Terkait
  • Gubernur Banten: Tak Ada Perubahan Peruntukan Lahan
  • Gubernur Isyaratkan Peruntukan Lahan Kemenkumham tak Berubah
  • Penyelesaian Lahan Kemenkumham Dimulai Pekan Depan
Berita Lainnya
  • Arsenal Sedikit Lagi Dapatkan Striker Brasil Everton Soares
  • Wisatawan Masih Gemar Panjat Batu Uluru Australia

Yasonna Segera Bahas Persoalan Lahan dengan Walkot Tangerang

Yasonna Segera Bahas Persoalan Lahan dengan Walkot Tangerang

Yasonna Segera Bahas Persoalan Lahan dengan Walkot Tangerang

Yasonna Segera Bahas Persoalan Lahan dengan Walkot Tangerang

Yasonna Segera Bahas Persoalan Lahan dengan Walkot Tangerang

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya