0
Thumbs Up
Thumbs Down

3 Kunci Pimpin Perusahaan di Era Industri 4.0

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 18 Dec 2018 11:51
Viewed: 240
Jakarta

Sebagai Leader dan pimpinan di bisnis di era industri 4.0, tentu saja ada faktor kunci yang perlu Anda ketahui agar dapat menghadapi tantangan dengan memimpin organisasi atau perusahaan Anda.

Yudi Candra, seorang Coach yang telah malang melintang di dunia bisnis memberikan faktor kunci yang perlu dimiliki sebagai leader era industri 4.0 ini, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Tujuan yang jelas.

Disini sangatlah penting untuk seorang leader untuk dapat berkomunikasi, membuat tim merasa aman, membuat sebuah engagement dan menjadi sebuah komunitas yang searah. Memiliki sebuah cetak biru yang dipahami, dimengerti dan diimani oleh seluruh anggota organisasi. Leader harus dapat membuat kepercayaan didalam diri tim. Dan yang terpenting leader yang kuat, memiliki visi yang bukan sekedar visi untuk perusahaan, tetapi juga yang lebih besar dari itu, yang memiliki pengaruh untuk seluruh timnya, lingkungan sekitarnya, bahkan dunia.

2. Cepat membuat keputusan.

Di era 4.0 ini, segala sesuatunya berubah dengan cepat. Jaman dimana leader hanya berada di kantor dengan komputer dan bekerja dengan data setelah terkumpul sudah dirasa lambat. Pemimpin harus turun dan melihat.

Pemimpin perlu mengevaluasi dan mengontrol tim bersama-sama, feedback atau masukan perlu dilakukan secara konstan dan terintegrasi bukan hanya secara internal tetapi juga terhubung dengan pihak eksternal seperti klien dan supplier leader juga harus berani, mau menerima, mendorong, dan memotivasi diri untuk memberikan feedback terhadap kepemimpinannya demi kemajuan bersama.

Akan lebih baik ketika leader juga dapat menantang dirinya untuk keluar dari zona nyaman dengan melakukan coaching dan menerima feedback dari orang diluar organisasi.

3. Dapat Memilih dan Men-develope Talent.

Generasi di mana pekerja loyal dan setia bekerja pada satu perusahaan sudah mulai tergantikan dengan generasi yang mudah bosan dan mobile. Generasi yang lebih memilih untuk bekerja secara bebas, menjadi entrepreneur sendiri dan tidak terikat oleh satu perusahaan.

Mengingat tingginya turnover karyawan, apa yang bisa Anda lakukan sebagai seorang leader adalah bukan hanya perlu untuk dapat memilih talent yang tepat, tetapi juga perlu untuk men-develope talent dengan cepat sehingga mereka dapat lebih loyal dan juga produktif Iebih lama di perusahaan anda, karena banyak cara untuk dapat memilih diantaranya Group Interview, NLP, dan Face Reader.

Coach Yudi Candra juga mengatakan leader dan organisasi yang tidak beradaptasi dengan cepat dari pemikiran tradisional akan punah. Perusahaan yang bergerilya yang terkoneksi, berkolaborasi, yang terus belajar, terbuka akan perubahan, yang memiliki visi yang bergairah dan semangat maju, yang memiliki dan mengadaptasi teknologi atau cara yang lebih maju akan menjadi pimpinan di industrinya.

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Kumairoh


Foto: Unsplash/Rawpixel

Source: wartaekonomi

3 Kunci Pimpin Perusahaan di Era Industri 4.0

3 Kunci Pimpin Perusahaan di Era Industri 4.0

3 Kunci Pimpin Perusahaan di Era Industri 4.0

3 Kunci Pimpin Perusahaan di Era Industri 4.0

3 Kunci Pimpin Perusahaan di Era Industri 4.0

  
OUR PARTNERS
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya