0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bandung Siapkan Aturan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

Republika Online
Republika Online - Thu, 15 Nov 2018 21:35
Viewed: 39
Bandung Siapkan Aturan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah menyiapkan aturan larangan penggunaan kantong plastik. Melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung tengah digodok aturan yang nantinya akan dikeluarkan dalam bentuk Peraturan Wali Kota (Perwal).

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Dedy Dharmawan mengatakan kantong berbahan plastik dari bahan kimia dapat mencemari lingkungan. Sebab, proses penguraiannya bisa memakan waktu berpuluh-puluh tahun.

Dedy mengatakan dengan aturan yang akan dikeluarkan maka akan menjadi penguat dari perda yang pernah dikeluarkan tentang larangan penggunaan kantong plastik. Saat ini pihaknya masih dalam tahap penggodokan perwal larangan tersebut

"Pembuatan Perwal masih berjalan. Sebelumnya, kita buat surat edaran dulu karena sudah ada Perda," kata Dedy usai pemaparan dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Kamis (15/11).

Ia mengimbau agar sejak sekarang warga mulai membiasakan diri tidak mengunakan kantong plastik dalam kegiatannya sehari-hari. Warga bisa mengganti membawa wadah seperti tas kain sebagai pengganti kantong plastik.

"Kalau sekiranya belanja satu macam mah tidak usah pakai plastik. Kalau pun mau bawa tas sendiri yang tidak sekali pakai buang," kata dia.

Menurutnya penggunaan kantong plastik bisa dialihkan dengan alternatif lainnya. Seperti tas belanja yang bisa berkali-kali pakai ataupun kantong yang berbahan ramah lingkungan.

Menurut dia, DLHK saat ini juga sedang melakukan tahap komunikasi dengan para pedagang kantong plastik. Agar aturan yang akan diterapkan ada solusi saling menguntungkan.

Ia mengatakan solusi yang ditawarkannya adalah penggantian bahan pembuatan kantong dengan bahan-bahan organik seperti singkong atau jagung. Dengan begitu maka plastik nantinya lebih mudah terurai.

Ia mengaku meski masih dalam tahap pembahasan, sudah banyak warga yang merespon positif dan mendukung langkah ini.Salah satu contohnya adalah sebuah toko ritel besar di Jalan Peta yang datang ke Kantor DLHK untuk berdiskusi terkait rencana larangan tersebut.

"Mereka datang katanya mau mulai pakai alternatif lain, antisipasi dari sekarang. Sepertinya mereka pakai kantong kertas dan dus sebagai gantinya," ujarnya.

Ia berharap dengan nantinya lahir aturan warga Kota Bandung bisa lebih mencintai lingkungannya. Dengan turut berkontribusi dalam upaya menjaga alamnya.


Berita Terkait
  • Kota Malang Berencana Batasi Penggunaan Kantong Plastik
  • Jumlah Warga Miskin Kota Bandung Diklaim Menurun
  • Pemkot Bandung Perbanyak Kampung Wisata Kreatif
Berita Lainnya
  • Gunung Anak Krakatau Alami 348 Kali Letusan
  • Gencarkan Inklusi Ekonomi Syariah, BNI Bidik Gen Milennial

Bandung Siapkan Aturan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

Bandung Siapkan Aturan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

Bandung Siapkan Aturan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

Bandung Siapkan Aturan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

Bandung Siapkan Aturan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

Related News
Popular News From Republika Online
OUR PARTNERS
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
Rumah
rumah123
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar