0
Thumbs Up
Thumbs Down

BPPT Luncurkan Rumah Tahan Gempa, Ini Penampakannya

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 23 May 2019 12:45
Viewed: 43
Jakarta

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan inovasi rumah tahan gempa.

Kepala BPPT Hammam Riza, mengatakan rentetan bencana gempa bumi di tahun 2018, seringkai menimbulkan kerusakan bangunan, yang berujung pada timbulnya korban jiwa.

Sebagai solusi, lanjutnya BPPT pun melakukan kaji terap teknologi bangunan rumah tahan gempa, yang meliputi desain, konstruksi, material,pengujian struktur untuk menghasilkan bangunan tahan gempa, yang dinamakan Bale Kohana.

"Risiko bencana gempa bumi, khususnya yang mengakibatkan kerusakan bangunan perlu diantisipasi dengan hunian atau rumah, yang didesain tahan terhadap gempa. Baik secara struktur, konstruksi dan material," ungkap Hammam usai meluncurkan inovasi Rumah Tahan Gempa buatan BPPT di Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan, Rabu (22/05/2019).

Baca Juga: BUMN Bersinergi Bangun 1.700 Rumah Tahan Gempa di Lombok

Dikatakannya bahwa sejumlah negara yang rawan bencana seperti Jepang, memiliki rumah khusus tahan gempa bagi warganya. Indonesia pun sebutnya, harus mempunyai rumah tanggap darurat untuk bencana gempa bumi. Oleh karena itu BPPT melalui Pusat Teknologi Material (PTM) melakukan Desain dan Pengembangan bangunan rumah komposit dengan konsep cepat bangun sejak tahun 2016.

"Ini merupakan salah satu upaya BPPT dalam memberikan solusi teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pencegahan, penanganan, dan pemulihan korban akibat bencana gempa bumi" terangnya.

Hammam kemudian menyebut bahwa BPPT telah didukung oleh mitra industri dalam hal ini PT. Bondor Indonesia dan PT. Tata Logam Lestari, dalam penyediaan komponen bangunan prototipe pertama Bale Kohana.

Baca Juga: Rehabilitasi Fasilitas Publik-Rumah Tahan Gempa di Lombok Diintensifkan

"Ini merupakan upaya BPPT untuk mempercepat terwujudnya inovasi konstruksi bangunan tahan gempa dan tahan api yang cepat bangun, yang mampu secara signifikan memberikan kontribusi dalam penyediaan rumah tahan gempa yang cepat bangun bagi masyarakat," Ujarnya.

Ia pun berharap agar program ini dapat mendukung Program Prioritas dalam Rencana Kerja Pemerintah 2020 yaitu Penguatan Infrastruktur Kawasan Tertinggal dan Ketahanan Bencana yang ditetapkan Kementerian PPN/Bappenas. Dirinya pun meminta dukungan berbagai pemangku kepentingan, supaya inovasi rumah tahan gempa ini, dapat diaplikasikan di berbagai wilayah yang berpotensi bencana gempa bumi.

"Menjawab isu nasional akan kebutuhan rumah tahan gempa, BPPT telah mempersiapkan usulan program Flagship Prioritas Riset Nasional 2020-2024 tentang Teknologi Sruktur Bangunan Tahan Gempa, Tahan Api, Cepat Bangun yang memiliki output Desain, SOP konstruksi Rumah, dan Standardisasi Bangunan Rumah Tahan Gempa Tahan Api, Cepat Bangun dengan menggunakan teknologi seismic rubber bearing sebagai base isolator untuk menahan beban gempa. Kami harap inovasi ini dapat segera diimplementasikan di berbagai wilayah yang berpotensi bencana gempa bumi," pungkasnya.

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Kumairoh


Foto: Boyke P. Siregar

Source: wartaekonomi

BPPT Luncurkan Rumah Tahan Gempa, Ini Penampakannya

BPPT Luncurkan Rumah Tahan Gempa, Ini Penampakannya

BPPT Luncurkan Rumah Tahan Gempa, Ini Penampakannya

BPPT Luncurkan Rumah Tahan Gempa, Ini Penampakannya

BPPT Luncurkan Rumah Tahan Gempa, Ini Penampakannya

  
OUR PARTNERS
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya