0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kota Baru Kemayoran, Bagaimana Perkembangannya?

Rumah
Rumah - Mon, 12 Mar 2018 10:50
Viewed: 164
Kota Baru Kemayoran, Bagaimana Perkembangannya?

RumahCom - SesuaiRencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019,Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengusulkan Kemayoran, Jakarta Pusat, menjadi wilayah yang berpeluang sebagai kota baru.

Ide mengusung kota baru Kemayoran, menurut Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian PUPR, Dadang Rukmana, berawal dari pemanfaatan lahan Pemerintah di bekas Bandara Kemayoran yang berhenti beroperasi di 1985.

Selain Kemayoran, ada tiga kota baru yang diinisiasi yakni Sovivi di Maluku utara dan Tanjung selor di Kalimantan Utara, di mana keduanya merupakan Ibukota provinsi baru yang perlu mendapat dukungan Pemerintah.

Selanjutnya Sei Mangkai yang memiliki potensi investasi pengolahan palm oildi Sumatera Utara, Kemayoran dan Kayangan.

Simak juga: Incar 3 Apartemen 'Terjangkau' di Jakarta Pusat

"Semuanya sudah diusulkan Kementerian PUPR dengan desain rencana pembangunan infrastruktur. Tapi untuk grand design kami masih tunggu dari Bappenas," ujar Dadang.

Kehadiran kota baru diperlukan guna menghindari pertumbuhan penduduk yang merambah ke mana-mana. Selain itu, terkait juga efisiensi dalam investasi infrastruktur seperti listrik dan pembangunan sarana air bersih.

Untuk menggarap master plan dan penandatanganan nota kesepahaman, Dadang menyebut pihaknya harus bekerjasama dengan pengembang yang menguasai lahan di masing-masing wilayah.

Pemerintahberharap, pengembang bisa menyokong dalam membentukpembangunan kawasan perkotaan baru yang menyediakan rumah bagi MBR dan terkoneksi dengan program Sejuta Rumah.

"Kota baru Kemayoran dihadirkan demi mensejahterakanmasyarakat khususnya MBR. Mereka punya hak untuk hidup dan punya hunian di tengah kota," jelasnya.

Perizinan Harus Jelas

Senada dengan pernyataan Dadang, Direktur Ciputra Grup, Budiarsa Sastrawinata setuju bahwa pengembangan kawasan skala besar maupun kota baru harus melibatkan semua pemangku kepentingan baik dari Pemerintah maupun pihak swasta.

"Tentunya dengan parameter batas kawasan yang ditetapkan dalam rancangan induk ataumaster plan. Untuk rencana Pemerintah membuat kota baru Kemayoran pun kami sangat senang sekali. Karena berarti infrastruktur akan terjamin, apalagi untuk CBD akses itu penting," katanya saat ditemui Rumah.com, Kamis (8/3).

Kemayoran yang saat ini tengah tumbuh menjadi kawasan elit dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, memang sudah didukung jaringan infrastruktur jalan yang tertata rapi dan lebar. Salah satunya, akan ada jalur LRT yang menghubungkanBandara Soekarno-Hatta-Kemayoran sepanjang 30,5km.

Simak juga: Properti di Titik LRT, Apa Untungnya?

Di samping itu, banyaknya proyek properti di kawasan ini, lanjut Budiarsa, akan mempercepat metamorphosis Kemayoran sebagai kawasan Central Business District (CBD) baru di Jakarta.

"Dalam konteks ini, maka eksistensi office building Citra Towers yang baru saja tutup atap, akan menjadi sangat strategis dalam mendukung berbagai aktivitas bisnis di kawasan Kemayoran dan sekitarnya," imbuhnya.

Citra Towers merupakan gedung perkantoran setinggi 28 lantai dengan konsep perpaduan Business and Leisure pertama di kawasan Kemayoran.

Kompleks perkantoran strata title ini dibangun guna memenuhi permintaan korporasi dan start up company yang membutuhan konsep perkantoran yang modern dan berkualitas, sekaligus menyediakan ruang usaha komersial untuk lifestyle yang mendukung kegiatan tersebut.

Budiarsa menambahkan, alasan Ciputra Grup mengembangkan ruang perkantoran di Kemayoran disebabkan kebutuhan yang terus meningkat.

Apalagi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2018 diperkirakan mencapai 5,2%,seiring peningkatan kinerja bisnis sektor swasta serta melonjaknya kebutuhan ruang kantor. "Tahun ini kami optimistis pasar ruang perkantoran atau office building dapat tumbuhhingga 10%," tukasnya.

Indikasi pasar yang terus bergerak ke arah positif memicu sebagian masyarakat mulai berani berinvestasi properti. Tertarik cari apartemen atau rumah tapak untuk ladang investasi?Cari dan temukan pilihan harganya mulai Rp500 juta.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.comatau melalui Twitter:@fathianyaaa

Source: Rumah

Kota Baru Kemayoran, Bagaimana Perkembangannya?

Kota Baru Kemayoran, Bagaimana Perkembangannya?

Kota Baru Kemayoran, Bagaimana Perkembangannya?

Kota Baru Kemayoran, Bagaimana Perkembangannya?

Kota Baru Kemayoran, Bagaimana Perkembangannya?

OUR PARTNERS
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
Rumah
rumah123
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush