0
Thumbs Up
Thumbs Down

Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying

Popular
Popular - Sun, 14 Apr 2019 09:00
Viewed: 69
Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying

Sebuah studi menunjukkan bahwa pelakubullyingkebanyakan merupakan anak dengan kepercayaan diri tinggi.Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying

Psikolog Jaana Juvonen mengatakan bahwa program anti-bullyingtidak efektif karena target yang salah.Ia mengatakan bahwa dibutuhkan cara yang lebih baik untuk menghentikanbullyingkarena korban dapat mengalami berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, sakit perut atau sulit tidur.

Korban juga mengalami penurunan dalam kemampuan untuk mengikuti pelajaran di sekolah serta sulit berbaur dengan teman.Tidak hanya korban yang dapat merasakan risiko tetapi juga pelakubullying. Survei dari US Department of Education menunjukkan bahwa 25 persen pelakubullyingyang sering melakukan keributan fisik memiliki catatan criminal pada umur 30 tahun.

Cara ortu cegah bullying

Orangtua sebenarnya dapat mengambil peran dalam pencegahan bullying. Melansir dariPrevention,berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegahnya:

1. Berkomunikasi dengan guru

Tanyakan pada guru anak Anda bagaimanabullyingdiatasi di sekolah. Dalam program yang efektif, pelecehan verbal harus dianggap sebagai hal yang serius. Anak harus diajarkan untuk mendukung korban dan menolak perilakubullying.

Awas, Siap-Siap Dibully di Media Sosial Kalau Melakukan Hal-Hal Ini!

2. Berkomunikasi dengan anak

Beri pemahaman padaanak Anda mengenaibullyingsehingga anak mengetahui apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi. Ajarkan anak untuk menolak perilakubullyingdan berani untuk membela diri.

Jika Anda mencuragai anak Anda terkenabullying, segera tanyakan. Cari tahu apakahbullyingterjadi di sekolah. Selain itu, Anda juga dapat membantu anak untuk membangun jaringan pertemanan dengan mendukungnya melakukan aktivitas kelompok.

3. Ajari anakmengenai keadilan

Jelaskan mengenai keadilan pada anak Anda. Ajarkan anak untuk berani membela anak lain yang terkenabullying. Kebanyakan anak tidak mau mengintervensi perilakubullyingkarena takut akan menjadi korban berikutnya. Namun, ketika pelaku bullying melihat tindakannya tidak disetujui biasanya pelaku akan menyerah.

Selain itu, Jaana Juvine menyarankan bilabullyingtelah terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendengarkan cerita anak. Jangan mengkonfrontasi orangtua pelakubullyingkarena hanya akan memperburuk situasi dan tidak membantu permasalahan anak Anda. Bicaralah dengan guru mengenai permasalahan yang terjadi dan diskusikan tindakananti-bullyingyang dapat dilakukan.


The post Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying appeared first on Popular-World.com | Men's Entertainment & Lifestyle.

Source: Popular

Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying

Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying

Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying

Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying

Lebih Baik Mencegah! Begini Cara Orangtua Cegah Bullying

  
OUR PARTNERS
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri