0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mitos dan Fakta tentang Perawatan Bayi yang Jarang Diketahui

okezone
okezone - Fri, 17 Aug 2018 07:19
Viewed: 50

APAKAH Anda sudah yakin perawatan yang diberikan pada bayi sudah benar? Kulit bayi yang sangat sensitif membuat banyak beredar tentang mitos mitos mengenai perawatan kulit bayi yang benar.

Padahal, Anda tidak boleh mempercayai begitu saja mitos mitos yang beredar tersebut. Anda juga harus mengetahui fakta yang sebenarnya demi menjaga kesehatan sang buah hati.

Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi sangatlah tipis dan ikatan sel-nya pun belum optimal. Karena itu, sering kali pemahaman yang salah mengakibatkan masalah terhadap kulit bayi seperti alergi, infeksi, dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa mitos dan fakta yang beredar di masyarakat.

1. Penggunaan Antiseptik

Saat ini mungkin cukup populer pemahaman bahwa 'yang bersih itu baik' di kalangan masyarakat sehingga segala sesuatu yang mengandung antiseptik menjadi populer. Penggunaan sabun antiseptik itu ternyata kurang baik jika dilakukan secara rutin.

Jadi, sebaiknya gunakanlah sabun antiseptik hanya bila diperlukan seperti setelah anak bermain kotor-kotoran diluar. Tetapi apabila Anda menggunakan sabun antiseptik secara terus menerus, maka untuk kulit anak yang lebih rentan dapat terjadi iritasi dan dengan adanya iritasi anak juga rentan terhadap penyakit.

2. Mencuci tangan terlalu sering tidak sehat

Hal ini cukup berkaitan dengan penjelasan di atas. Anak-anak pasti sering memegang benda benda yang mereka inginkan. Dan peran orang tua adalah meminta anaknya cuci tangan untuk menghindari bakteri masuk ke dalam mulut anak. Tetapi faktanya, mencuci tangan terlalu sering malah dapat merusak barier kulit.

Sebenarnya, tanpa mencuci tanganpun sebenarnya tangan kita pasti terdapat bakteri. Namun apabila yang terdapat pada tangan kita itu adalah bakteri yang baik, tidak perlu mencuci tangan terlalu sering.

3. Penggunaan minyak bayi yang tepat bermanfaat untuk kesehatan

Banyak sekali minyak yang ada dan dijual bebas dipasaran lalu dioleskan setelah anak mandi dengan berbagai alasan yang berbeda. Ternyata hal ini memiliki keuntungan bagi bayi namun bila penggunaanya kurang tepat dapat menimbulkan efek yang buruk.


Kelebihannya, untuk minyak minyak tertentu seperti sunflower oil itu baik dan terbukti memberikan perlindungan tambahan bagi kulit. Tetapi untuk jenis minyak lain seperti olive oil atau malah beberapa minyak yang kita gunakan untuk memasak atau minyak minyak natural, itu malah cenderung lebih mengiritasi dan karena tidak mudah terdegenerasi justru memiliki efek yang kurang baik jika dioles pada bayi. Penggunaan minyak bayi juga baik untuk massage bayi karena itu dapat membantu tumbuh kembang anak.

Source: okezone

Mitos dan Fakta tentang Perawatan Bayi yang Jarang Diketahui

Mitos dan Fakta tentang Perawatan Bayi yang Jarang Diketahui

Mitos dan Fakta tentang Perawatan Bayi yang Jarang Diketahui

Mitos dan Fakta tentang Perawatan Bayi yang Jarang Diketahui

Mitos dan Fakta tentang Perawatan Bayi yang Jarang Diketahui

Related News
  
Popular News From okezone
OUR PARTNERS
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
Rumah
rumah123
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar