0
Thumbs Up
Thumbs Down

Muhammadiyah Prihatin dengan Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

covesia
covesia - Sat, 13 Apr 2019 10:09
Viewed: 124
Muhammadiyah Prihatin dengan Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Covesia.com - Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia (PCIM) prihatin dan terkejut dengan dugaan penemuan puluhan kantong surat suara Pemilu 2019 tercoblos di Kajang dan Bangi, Malaysia.

"Bagi masyarakat Indonesia di Malaysia, berita ini dapat mencederai rasa keadilan dan nuansa pesta demokrasi Pemilu 2019 yang sedang berlangsung," ujar Ketua PCIM Malaysia Prof. Madya Dr. Sonny Zulhuda didampingi Sekretaris Umum, Muhammad Shulthoni, Lc., MA di Kuala Lumpur, Sabtu.

Dia mengatakan Pemilu 2019 termasuk Pilpres dan Pileg merupakan episode penting perjuangan dan perjalanan bangsa Indonesia untuk memastikan terlaksananya pemerintahan yang baik (good governance) yang mengedepankan transparansi, akuntabilitas dan keadilan.

"Semua komponen bangsa adalah pemangku kepentingan dalam siklus proses ini. Pemerintah, penyelenggara maupun peserta pemilu beserta seluruh masyarakat berkepentingan mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil," katanya.

Di Malaysia, ujar dia, pemilu yang terfokus pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif DPR harus terlaksana dengan spirit yang sama, mengedepankan semangat kebersamaan antara semua komponen masyarakat Indonesia sekaligus menjaga iklim damai selaras dengan peraturan perundangan negara Malaysia.

PCIM Malaysia sebagai komponen aktif dalam masyarakat madani (civil society) WNI di Malaysia memandang sangat penting Pemilu di Luar Negeri berjalan dengan seksama, jujur dan adil. Bukan hanya harus jujur dan adil, bahkan pelaksanaan Pemilu ini harus "terlihat" jujur dan adil.

"Untuk itu, segala isu dan insiden yang dapat mencederai rasa keadilan mesti diminimalisir atau ditangani dengan baik," katanya.

PCIM Malaysia berharap seluruh pihak yang berwenang segera menanganinya secara profesional dan menjunjung tinggi prinsip hukum, keadilan dan keterbukaan informasi.

"Jika didapati ada pihak- pihak yang bertanggungjawab atas insiden ini maka mereka mesti ditindak sesuai dengan koridor peraturan perundangan yang berlaku," katanya.

PCIM Malaysia menghimbau kepada seluruh penyelenggara dan pengawas proses Pemilu terkait terutama KPU, BAWASLU, PPLN dan Panwaslu Malaysia, agar mengambil tindakan solutif dan cepat untuk mereduksi kemungkinan kecurangan serta maladministrasi pemilu di Malaysia agar dapat menjaga atau mengembalikan rasa keadilan dan kepercayaan publik terhadap proses Pemilu di Luar Negeri umumnya dan di Malaysia khususnya.

"PCIM Malaysia menghimbau seluruh warga Persyarikatan Muhammadiyah dan masyarakat Indonesia umumnya yang akan berpartisipasi dalam Pilpres dan Pileg langsung di Malaysia nanti agar tetap tenang dan seksama menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara," katanya.

Sementara itu hingga Sabtu (13/4) KPU dan Bawaslu RI belum mendapatkan akses dari Polisi Diraja Malaysia (PDRM) untuk bisa melihat dugaan surat suara dicoblos baik di Kajang dan Bangi karena sudah diberi garis batas polisi atau "police line".

Ketua PPLN Malaysia, Agung Cahaya Sumirat, mengaku kaget dengan beredarnya informasi penyalahgunaan surat suara tersebut karena selama ini pihaknya sudah berusaha keras melaksanakan tahapan Pemilu 2019 sesuai aturan dan perundang-undangan. (Antara)

Source: covesia

Muhammadiyah Prihatin dengan Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Muhammadiyah Prihatin dengan Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Muhammadiyah Prihatin dengan Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Muhammadiyah Prihatin dengan Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Muhammadiyah Prihatin dengan Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

  
OUR PARTNERS
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya