Skanaa https://www.skanaa.com Situs Berita Indonesia Terkini id 2019 Skanaa Tue, 19/02/2019 - 16:20:42 +0700 Skanaa https://www.skanaa.com https://www.skanaa.com/assets/images/web/logo.png Imbang Lawan Myanmar, Timnas U-22 Enggan Salahkan Lapangan https://www.skanaa.com/en/news/detail/imbang-lawan-myanmar-timnas-u-22-enggan-salahkan-lapangan

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 harus puas mengakhiri laga perdana Grup B Piala AFF U-22 2019 dengan skor 1-1 saat bersua Myanmar, Senin (18/2/2019).

Pada laga yang berlangsung di The National Olympic Stadium itu, sebenarnya Timnas Indonesia U-22 tertinggal terlebih dahulu, namun tim asuhan Indra Sjafri itu akhirnya mampu menyamakan kedudukan.

Bahkan di sepanjang pertandingan, Myanmar membuat skuat Garuda Muda tertekan. Indra juga mengakui bahwa permainan anak asuhnya belum maksimal, namun ia menolak karena alasan lapangan di stadion.

Stadion Olympic memang menggunakan rumput sintetis, belum lagi permukaan tapak tidak bagus karena terlalu banyak material karet di lapangan. Ditambah, suhu di Phom Penh sangat terik, hampir 36 derajat, di sore hari.

"Myanmar juga memakai lapangan yang sama, itu bukan alasan. Tapi, mungkin harus adaptasi terhadap lapangan. Bukan kami saja yang mengeluh, tapi banyak tim mengeluh, tapi jangan itu jadi alasan," ucap Indra.

Witan Sulaeman yang tampil sebagai starter saat kontra Myanmar lalu digantikan karena keram, juga tidak mau menyalahkan lapangan. Witan sendiri mengakui, bahwa permainannya belum maksimal.

"Evaluasi untuk saya pribadi, saya kurang bantu pertahanan. Kami semua belum terbiasa main di lapangan rumput sintetis, cuaca juga panas sekali, tapi jangan salahkan itu karena yang lain juga main di tempat yang sama."

Untuk mendukung perjuangan Witan Sulaeman dkk di Piala AFF U-22, Grab pun menggelar event nonton bareng (nobar) Piala AFF U-22 yang dilangsungkan di Palembang pada 18 Februari 2019, serta Bandung dan Yogyakarta (20 Februari).

Nantinya pada setiap nobar, akan ada activity Grab Rewards. Semua masyarakat dapat me-reedem Grab poin sebanyak 100 poin untuk satu kali kesempatan memenangkan hadiah yaitu berupa jersey original Timnas Indonesia dan berbagai merchandise menarik. Karena itu, jangan sampai ketinggalan mengikuti event off air yang diselenggarakan Grab ya!

Grab Sebagai Official Mobile Platform Partner mendukung Timnas Garuda yang bertanding di AFF U-22 Kamboja. Di luar kita beda, di lapangan kita sama #GrabDekatkanPerbedaan #DekatDenganGrab.

Tue, 19/02/2019 - 16:17:45 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/imbang-lawan-myanmar-timnas-u-22-enggan-salahkan-lapangan https://www.skanaa.com/en/news/detail/imbang-lawan-myanmar-timnas-u-22-enggan-salahkan-lapangan
Menko Darmin Cs Kaji Jenis Komoditas Pertanian Bakal Kena Pajak https://www.skanaa.com/en/news/detail/menko-darmin-cs-kaji-jenis-komoditas-pertanian-bakal-kena-pajak

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi tentang pangan di kantornya. Dalam rapat koordinasi tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Keuangan hingga Kementerian Pertanian.

Ditemui usai rapat, Kepala Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Rofyanto Kurniawan mengatakan, rapat koordinasi tersebut adalah untuk membicarakan mengenai dampak kebijakan Pajak Pertambangan Nilai (PPN) pada hasil pertanian.

"Kami masih coba mendalami dampak dan sebagainya, impact-nya ke petani seperti apa, kemudian timing yang pas seperti apa, kami coba cari solusi terbaik," kata dia saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (19/2).

Baca Juga: Menko Darmin Cari Cara agar Petani Tidak Kena Pajak

Menurut Rofyanto, pemerintah ingin memastikan yang terbaik terhadap PPN pertanian, sehingga beban petani bisa menjadi lebih ringan.

"Sebenarnya PPN pertanian itu kami inginnya ringankan beban petani," ucapnya.

Saat ini pihaknya tengah membahas hal-hal penting yang akan dimasukkan dalam aturan. Sebagai sah satu contohnya adalah terkait komoditas pertanian apa saja yang bakal diatur dalam kebijakan tersebut.

"Harus ada definisinya mengenai produk pertanian seperti apa, nanti kebijakannya seperti apa, itu masih mau kami rapatkan, perdalam lagi sebelum regulasinya kami terbitkan," katanyaa.

Baca Juga: Sri Mulyani Tak Pungut Pajak Baru di 2019

Sementara terkait adanya kemungkinan PPN komoditas pertanian bakal dihapuskan, Rofyanto menegaskan hal itu pun masih harus dikaji lebih lanjut. Karena harus dilihat terlebih dahulu apa saja dampaknya.

"Masih dikaji dampaknya, kira-kira seperti apa," ucapnya.

Dalam membuat kebijakan, nantinya pemerintah akan memerhatikan putusan Mahkamah Agung (MA) yang telah membatalkan sejumlah pasal pada PP nomor 31 tahun 2007 yang menetapkan barang hasil pertanian yang dihasilkan dari usaha pertanian, perkebunan, dan kehutanan, sebagai barang yang dibebaskan dari pengenaan PPN.

"Kami akan mengacu ke putusan MA. Kami berikan solusi ke petani, jadi kebijakan seperti apa yang akan kami tempuh, akan kami lihat lagi, analisis," kata Rofyanto.

Tue, 19/02/2019 - 16:17:02 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/menko-darmin-cs-kaji-jenis-komoditas-pertanian-bakal-kena-pajak https://www.skanaa.com/en/news/detail/menko-darmin-cs-kaji-jenis-komoditas-pertanian-bakal-kena-pajak
Banjir Landa Objek Wisata Cibulan https://www.skanaa.com/en/news/detail/banjir-landa-objek-wisata-cibulan

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Banjir melanda objek wisata Cibulan di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Senin (18/2) sekitar pukul 18.15 WIB. Pembersihan lingkungan pascabanjir masih dilakukan hingga Selasa (19/2).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin menerangkan, peristiwa itu bermula saat hujan turun dengan intensitas ringan hingga lebat selama tiga jam. Hal itu menyebabkan saluran irigasi dari Desa Sembawa, yang merupakan tetangga Desa Manis Kidul meluap.

"Saluran irigasi itu meluap karena tersumbat oleh sampah,'' ujar Agus, Selasa (19/2).

Luapan saluran irigasi yang ditambah dengan guyuran hujan lebat itu akhirnya membuat pagar tembok Cibulan menjadi jebol, baik di sebalah barat maupun sebelah timur. Tembok pagar sebelah barat jebol sepanjang 20 meter dan tinggi dua meter. Sedangkan tembok pagar sebelah timur jebol sepanjang 25 meter dan tinggi tiga meter.

Akibatnya, air menggenangi area objek wisata Cibulan hingga setinggi 40 sentimeter. Kolam-kolam ikan yang ada di objek wisata tersebut juga ikut meluap. Beruntung, genangan air itu hanya berlangsung selama 25 menit dan langsung kembali surut.

Meski cepat surut, namun banjir telah membawa sampah dan lumpur yang mengotori objek wisata tersebut. Upaya penanganan darurat pun dilakukan oleh pengelola objek wisata dibantu aparat desa, kecamatan, TNI, Polri dan BPBD setempat.

Sebelumnya, Forecaster Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, telah memberikan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Senin (18/2) antara siang/sore hingga menjelang dini hari. Peringatan dini itu untuk berbagai daerah di Jabar, termasuk Kabupaten Kuningan.

Berita Terkait
  • Permukiman di Dayeuh Kolot Terendam Banjir
  • 27 KK Mengungsi di Koramil Ngabang
  • Sawah Petani di Lampung Selatan Terendam Banjir
Berita Lainnya
  • Kemenkominfo Ingin Berikan Subsidi ke Perusahaan Fintech
  • Kiai Ma'ruf Terima Dukungan dari Kiai dan Ulama Pasundan
    • Tue, 19/02/2019 - 16:14:00 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/banjir-landa-objek-wisata-cibulan https://www.skanaa.com/en/news/detail/banjir-landa-objek-wisata-cibulan Heboh Pria di Inggris Kencing Sambil Bugil di Kereta https://www.skanaa.com/en/news/detail/heboh-pria-di-inggris-kencing-sambil-bugil-di-kereta

      Seorang pria di Inggris membuat kehebohan karena kelakuannya yang tidak lazim, kecing sambil bugil di dalam kereta rel listrik.

      Salah seorang saksi dan penumpang kereta, Ellie Bekir (25) mengutip dailyrecord, Selasa (19/2/2019) mengatakan, kejadian itu terjadi di kereta bawah tanah Anglia Raya yang berangkat dari London Liverpool Street ke Southend Victoria pada Jumat pekan lalu.

      Dia bilang, "Teman saya dan saya baru saja naik kereta seperti biasa. Kami kemudian memperhatikan beberapa orang bergerak menuju ke arah kami."

      "Kami melihat sekeliling dan melihat pria itu. Dia mengenakan bajunya tetapi celananya turun.

      "Dia kencing ke dalam botol. Dia tidak melihat ke arah kami dan tidak pernah melihat sekeliling," kata Bekir.

      Bekir menambahkan tiba-tiba saja pria itu melepas bajunya. "Dia benar-benar telanjang saat itu. Anda bisa melihat semuanya."

      "Kami tidak tahu apakah harus tertawa atau menangis," lanjut dia.

      Tue, 19/02/2019 - 16:13:19 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/heboh-pria-di-inggris-kencing-sambil-bugil-di-kereta https://www.skanaa.com/en/news/detail/heboh-pria-di-inggris-kencing-sambil-bugil-di-kereta
      Yah! IHSG Memerah 0,05% di Akhir Sesi II https://www.skanaa.com/en/news/detail/yah-ihsg-memerah-005-di-akhir-sesi-ii Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup merah 0,05% ke level 6.494,67 di akhir perdagangan sesi II, Selasa (19/02/2019). Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG sempat menembus level tertinggi hingga 6.534,01 dan sempat jatuh pula di level terendah 6.493,31.

      Sejumlah 13,25 miliar saham telah diperdagangkan dengan frekuensi 428.123 kali transaksi dan nilai transaksi mencapai Rp7,88 triliun. Adapun pergerakan saham yang terpantau meliputi 226 saham naik, 187 saham turun, dan 117 saham lainnya stagnan.

      Baca Juga: Jeda Siang, IHSG Menghijau 0,32%

      Beberapa penopang gerak IHSG sepanjang perdagangan hari ini adalah BNII (24,81%), BABP (13,73%), MLPL (13,14%), GIAA (11,27%), BBKP (10,05%), INDY (7,84%), dan ERAA (6,86%).

      Sementara itu, beberapa saham yang menarik mundur IHSG di antaranya adalah TARA (-7,14%), FREN (-3,36%), PWON (-3,03%), ISAT (-2,70%), LEAD (-2,60%), MEDC (-2,45%), dan JPFA (-2,40%).

      Tak hanya IHSG, beberapa indeks saham Asia juga berbalik melemah pada sore hari ini. Hanya indeks Nikkei (0,10%) dan indeks Shanghai (0,05%) yang menguat, sedangkan indeks Hang Seng (-0,42%) dan indeks Strait Times (-0,09%) melemah.

      Penulis/Editor: Lestari Ningsih

      Foto: Akbar Nugroho Gumay

      Tue, 19/02/2019 - 16:10:00 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/yah-ihsg-memerah-005-di-akhir-sesi-ii https://www.skanaa.com/en/news/detail/yah-ihsg-memerah-005-di-akhir-sesi-ii
      Premi Asuransi Sinar Mas Melonjak 29% di 2018 https://www.skanaa.com/en/news/detail/premi-asuransi-sinar-mas-melonjak-29-di-2018 Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

      PT Asuransi Sinar Mas (ASM) sepanjang tahun 2018 mengalami pertumbuhan sebesar 29% dari Rp5,74 triliun menjadi Rp7,4 triliun pada premi brutonya.

      "Pencapaian ini sangat kami syukuri, pada kondisi yang penuh dengan persaingan ini, Asuransi Sinar Mas terus mendapatkan kepercayaan dari para nasabah dan rekanan untuk memberikan periindungan asuransi ", ucap Direktur ASM, Dumasi M M Samosir, di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

      Ia menuturkan jika kontribusi terbesar premi bruto berasal dari lima lini bisnis, yakni Asuransi Kebakaran yang menyumbang premi Rp 2,63 triliun (35%), Asuransi Aneka Rp 1,86 triliun (25%), Asuransi Kendaraan Bermotor (mobil) Rp 1,24 triliun (17%).

      "Kemudian dari Asuransi Kesehatan Rp 530 miliar dan Asuransi Marine Cargo Rp 517 miliar yang sama-sama berkontribusi 7% untuk premi bruto," katanya,

      Dumasi menyatakan bahwa pada tahun ini pihaknya menargetkan premi bruto senilai Rp 7,9 triliun pada tahun ini. Dimana, asuransi Kebakaran, Asuransi Kendaraan Bermotor, dan Asuransi Kesehatan diproyeksilan masih akan memberikan kontribusi terbesar untuk mencapai target tersebut.

      Penulis/Editor: Annisa Nurfitriyani

      Foto: Annisa Nurfitriyani

      Tue, 19/02/2019 - 16:10:00 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/premi-asuransi-sinar-mas-melonjak-29-di-2018 https://www.skanaa.com/en/news/detail/premi-asuransi-sinar-mas-melonjak-29-di-2018
      101 Ribu Orang Bakal Ramaikan Haul Gus Dur di Solo https://www.skanaa.com/en/news/detail/101-ribu-orang-bakal-ramaikan-haul-gus-dur-di-solo

      REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Sebanyak 101 ribu orang bakal menghadiri acara Haul ke-9 KH Abdurrahman Wahid atau Gusdur di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (23/2). Jamaah tersebut terdiri dari umat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu, yang berasal dari Solo dan sekitarnya.

      Acara Haul ke-9 Gusdur mengambil tema Berjuta Warna Satu Jiwa Indonesia. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan diundang menghadiri acara tersebut sebagai mantan Wali Kota Solo periode 2005-2012.

      Ketua Panitia Haul ke-9 Gusdur, Husein Syifa, mengatakan, acara Haul ke-9 Gusdur mengambil tema Berjuta Warna Satu Jiwa Indonesia. Acara tersebut tentang meneguhkan ke-Indonesiaan, merajut kebangsaan, dan merajut kebhinekaan. Pesan yang ingin disampaikan, konteks semua kegiatan tersebut yang berkaitan dengan ke-Indonesiaan.

      "Jadi karena Gusdur adalah tokoh pejuang kemanusiaan, makanya Haul ini tidak lepas dari tujuan Gusdur untuk menjadi pejuang kemanusiaan, terutama selalu merajut Indonesia," terangnya kepada wartawan seusai Rapat Haul Gusdur, di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Selasa (19/2).

      Husein menjelaskan, rangkaian kegiatan Haul akan dimulai pada Jumat (22/2). Selepas subuh sampai sebelum Jumatan akan diadakan Khotmil Quran di Pondok Pesantren Almuayyad sebanyak sembilan kali khotmil quran karena berkaitan dengan Haul ke-9. Jamaah Khotmil Quran dari Pondok Almuayyad.

      Kemudian, Jumat siang selepas Jumatan di lokasi yang sama, diagendakan bedah buku berjudul Gusdur, Islam Nusantara dan Kewarganegaraan Bhineka. Bedah buku menghadirkan narasumber antara lain, Ahmad Suaedy sebagai penulis buku tersebut, Hermano, Pengasuh Pondok Pesantren Al Muayyad Windan Solo KH Dian Nafi dan putri bungsu Gusdur, Inayah Wahid.

      Kemudian, Sabtu (23/2) pagi acara Dialog Kebangsaan di Pendhapi Gede Balai Kota Solo. Narasumber yang dihadirkan antara lain, AS Hikam, Wahyu Muryadi sebagai mantan kepala rumah tangga kepresidenan Presiden Gusdur, serta KH Dian Nafi.

      Acara pada Sabtu siang berupa Kirab Kebangsaan yang melibatkan puluhan ribu orang dari masyarakat Nahdliyin dalam hal ini Gusduriyan yang ada di Solo Raya dan masyarakat Kota Solo pada umumnya. Masyarakat Gusduriyan diperkirakan mencapai 40 ribu orang. Sedangkan masyarakat Solo Raya dari berbagai komunitas diperkirakan sebanyak 61 ribu orang, terdiri dari perwakilan 54 kelurahan di Solo dan 1.000 orang dari kalangan umum. Sehingga jumlahnya mencapai 101 ribu orang.

      Kirab akan dimulai pukul 14.00 WIB sampai 18.00 WIB dengan rute dari Stadion Manahan sampai Stadion Sriwedari. "Ada deklarasi damai, deklarasi bahwa kita adalah Indonesia, dilakukan setelah kirab kebangsaan," imbuhnya.

      Selanjutnya, peserta kirab masuk ke Stadion Sriwedari untuk mengikuti acara Haul. Acara Haul akan diawali dengan shalat Magrib, dilanjutkan istighozah, dzikir dan tahlil untuk orang-orang yang didoakan terutama KH Abdurahman Wahid atau Gusdur. Kemudian, acara tausiyah oleh KH Mustafa Bisri atau Gusmus, dan Mahfud MD. Acara dijadwalkan selesai sebelum pukul 22.00 WIB.

      Berita Terkait
      • Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah TPA Putri Cempo Solo
      • Menengok Uniknya Belajar Baca Alquran di CFD Solo
      • Musim Hujan, TSTJ Solo Waspadai Penyakit pada Satwa
      Berita Lainnya
      • Kemenkominfo Ingin Berikan Subsidi ke Perusahaan Fintech
      • Kiai Ma'ruf Terima Dukungan dari Kiai dan Ulama Pasundan
        • Tue, 19/02/2019 - 16:07:22 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/101-ribu-orang-bakal-ramaikan-haul-gus-dur-di-solo https://www.skanaa.com/en/news/detail/101-ribu-orang-bakal-ramaikan-haul-gus-dur-di-solo Ikatan Istri Karyawan BPJS TK Beri Bantuan Lewat Rumah Zakat https://www.skanaa.com/en/news/detail/ikatan-istri-karyawan-bpjs-tk-beri-bantuan-lewat-rumah-zakat

          REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Ikatan Istri Karyawan (IIK) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Pusat menyerahkan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda kepada Rumah Zakat. Bantuan tersebut digunakan untuk membangun tiga desa berdaya di wilayah terdampak tsunami Selat Sunda.

          Penyerahan bantuan diserahkan di kantor BPJS ketenagakerjaan wilayah Banten oleh Indri Suryawati Agus, Ketua IIK BPJS Pusat. Adapun lokasi desa berdaya yang akan dibina oleh Rumah Zakat berada di Kecamatan Panimbang, Labuan, dan Sumur.

          Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Chief Marketing Officer Rumah Zakat, Irvan Nugraha, anggota IIK BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu juga dihadiri oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Banten, Teguh Purwanto, dan Ketua Yayasan Al Maghfirah BPJS Ketenagakerjaan, Didin Haryono.

          "Alhamdulillah, para istri Karyawan BPJS ketenagakerjaan sangat solid dalam hal kepedulian bencana di Indonesia. Selain membantu korban tsunami Selat Sunda, kami pun membantu masyarakat yang terkena bencana gempa lombok dan Palu beberapa waktu lalu," ujar Indri, Selasa (19/2).

          Indri menambahkan, desa berdaya tersebut merupakan kelanjutan dari bantuan bencana dalam masa tanggap darurat. Menurutnya, IIK BPJS Ketenagakerjaan bersama Rumah Zakat berkomitmen untuk terus bisa berperan dalam proses kebaikan bagi Indonesia.

          Berita Terkait
          • Rumah Zakat Distribusikan 350 Paket Superqurban
          • Warung Binaan Rumah Zakat Kerja Sama dengan Pemerintah Desa
          • Cita Sehat Foundation-Rumah Zakat Latih Kader Posyandu
          Berita Lainnya
          • Kemenkominfo Ingin Berikan Subsidi ke Perusahaan Fintech
          • Kiai Ma'ruf Terima Dukungan dari Kiai dan Ulama Pasundan
            • Tue, 19/02/2019 - 16:07:04 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/ikatan-istri-karyawan-bpjs-tk-beri-bantuan-lewat-rumah-zakat https://www.skanaa.com/en/news/detail/ikatan-istri-karyawan-bpjs-tk-beri-bantuan-lewat-rumah-zakat Prabowo Ingin Pisah Kementerian Lingkungan Hidup, Ini Jawaban KLHK https://www.skanaa.com/en/news/detail/prabowo-ingin-pisah-kementerian-lingkungan-hidup-ini-jawaban-klhk

              Liputan6.com, Jakarta - Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Djati Witjaksono Hadi, angkat suara terkait pernyataan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto yang ingin memisahkan kementerian di lingkungannya.

              Read More...

              Tue, 19/02/2019 - 16:05:16 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/prabowo-ingin-pisah-kementerian-lingkungan-hidup-ini-jawaban-klhk https://www.skanaa.com/en/news/detail/prabowo-ingin-pisah-kementerian-lingkungan-hidup-ini-jawaban-klhk
              Indonesia Resmi Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 https://www.skanaa.com/en/news/detail/indonesia-resmi-calonkan-diri-jadi-tuan-rumah-olimpiade-2032

              JAKARTA - Indonesia resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach, di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss. Penyerahan surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2032 itu dilakukan oleh Dubes RI di Bern, Muliaman D Hadad, pada 11 Februari 2019, kata siaran pers KBRI di Bern yang diterima di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

              Sebelumnya, Presiden RI secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade kepada Thomas Bach saat berkunjung ke Indonesia pada 2018. Presiden juga telah menyampaikan surat yang menyatakan keinginan Indonesia itu secara tertulis.

              Salinan surat telah diterima oleh Thomas dan direspons dengan positif, terlebih setelah kesuksesan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018. Dijelaskan, pada pertemuan dengan Dubes RI Bern, Muliaman D Hadad, Christophe Dubi selaku Executive Director IOC menyampaikan respons yang positif terhadap aplikasi Indonesia tersebut dan berupaya untuk bekerja sama lebih lanjut selama proses pemilihan tuan rumah Olimpiade berlangsung.

              "IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat, " kata Dubi pada pertemuan tersebut.

              BACA JUGA: Erick Thohir Yakin Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

              Dubes RI Bern menyampaikan aplikasi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 dapat menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia, utamanya sebagai negara dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia dan anggota G-20. Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja, pengalaman Indonesia pada 2018 patut menjadi bahan pertimbangan, ujar Muliaman.

              Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada 2020, 2024, dan 2028.

              Tue, 19/02/2019 - 16:04:56 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/indonesia-resmi-calonkan-diri-jadi-tuan-rumah-olimpiade-2032 https://www.skanaa.com/en/news/detail/indonesia-resmi-calonkan-diri-jadi-tuan-rumah-olimpiade-2032