Skanaa https://www.skanaa.com Situs Berita Indonesia Terkini id 2018 Skanaa Sun, 22/07/2018 - 17:47:03 +0700 Skanaa https://www.skanaa.com https://www.skanaa.com/assets/images/web/logo.png Polri Pastikan 2 Juru Masak KM Orange Tewas https://www.skanaa.com/en/news/detail/polri-pastikan-2-juru-masak-km-orange-tewas JPNN.com, BANTEN - Mabes Polri memastikan ada dua orang tewas dalam insiden tenggelamnya Kapal Motor Si Orange di perairan Binuangeun, Pandeglang, Banten, Kamis (19/7).

Read More...

Sun, 22/07/2018 - 21:39:00 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/polri-pastikan-2-juru-masak-km-orange-tewas https://www.skanaa.com/en/news/detail/polri-pastikan-2-juru-masak-km-orange-tewas
Bisnis Kamar Mewah Lapas Diungkap Malu-Malu meski Bukan Barang Baru https://www.skanaa.com/en/news/detail/bisnis-kamar-mewah-lapas-diungkap-malu-malu-meski-bukan-barang-baru

BANDUNG - Kasus jual beli kamar dengan fasilitas mewah di lembaga pemasyarakatan bukanlah barang baru yang menguak di ungkap. Beberapa kasus sama soal jual beli fasilitas tersebut sudah sering di dengar masyarakat umum, meski baru ini KPK melakukan OTT Kalapas Sukamiskin terkait jual beli fasilitas mewah kamar tahanan.

Walaupun pemangku kepentingan dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM terlihat seperti "kebakaran jenggot" menemukan jajarannya melakukan hal tersebut. Bagi Pengamat Hukum dan Direktur Eksekutif Jenggala Center, Dr. Syamsuddin Radjab, SH., MH menilai banyaknya terpidana KPK yang menghilang di tempat dan dengan fasilitas mewah bukanlah hal yang mengejutkan karena praktik tersebut sudah biasa terjadi di lingkungan lembaga pemasyarakatan (LP) bukan saja di Sukamiskin tetapi juga di LP lainnya.

Bahkan Syamsuddin Rajab membantu mengingatkan terkait kasus Artalyta Suryani dan Gayus Tambunan yang diketahui pernah melenggang bebas keluar masuk tahanan dengan mudah.

Adanya praktik jual beli kamar dengan fasilitas mewah di lapas sendiri, dinilai Syamsuddin sebagai hukum dagang dimana, ada kebutuhan dan ada yang bisa menyediakan maka sistem tersebut berjalan dengan sendirinya.

"ada kebutuhan dan ada penyedia" maka transaksi itu dapat berlangsung dgn harga yg tentu sangat tinggi apalagi pengawasannya jauh dari jangkauan publik dan atasannya termasuk jauh dari pengawasan KPK," ujar Syamsuddin dalam keterangan resminya kepada Okezone Minggu (22/7/2018).

Maraknya kasus korupsi yang para narapidananya menjadi momok bisa mengendalikan hukum dengan cara keluar masuk dan mendapat fasilitas mewah karena bayaran yang besar. Membuat KPK berencan memindahkan para narapidana ke Nusakambangan.

Namun rencana tersebut bukan menjadi solusi mutlak menghilangkan praktik jual beli kamar tahanan mewah, melainkan hanya memindahkan masalah dan tempatnya saja. Syamsuddin menekankan perlunya pembangunan mental pejabat di lapas agar tidak korup, jika hal tersebut tetap terjadi, pemberian sanksi dan hukum harus dikenakan kepada pihak yang bersangkutan.

"selama mentalitas pejabat LAPAS korup maka selama itu pula pembedaan perlakuaan dan pemberian fasilitas mewah kepada terpidana kasus korupsi akan terus berlangsung. sanksi Pemecatan dan pengawasan ketat menjadi jawaban kasus tersebut kepada para pejabat lapas dan pemiskinan bagi pelaku korupsi," pungkasnya.

Sun, 22/07/2018 - 17:41:37 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/bisnis-kamar-mewah-lapas-diungkap-malu-malu-meski-bukan-barang-baru https://www.skanaa.com/en/news/detail/bisnis-kamar-mewah-lapas-diungkap-malu-malu-meski-bukan-barang-baru
Liga 1: PSIS Bungkam 10 Pemain Persebaya https://www.skanaa.com/en/news/detail/liga-1-psis-bungkam-10-pemain-persebaya

Bola.com, Magelang - PSIS Semarang meraih poin penuh usai menjamuPersebaya Surabayapada pekan ke-17 Liga 1, Minggu (22/7/2018). Bermain di Stadion Madya, tim berjulukLaskar Mahesa Jenar ini menang 1-0.

Read More...

Sun, 22/07/2018 - 17:40:41 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/liga-1-psis-bungkam-10-pemain-persebaya https://www.skanaa.com/en/news/detail/liga-1-psis-bungkam-10-pemain-persebaya
Si Doel The Movie Tetap Tampilkan Budaya Betawi Meski Syuting di Belanda https://www.skanaa.com/en/news/detail/si-doel-the-movie-tetap-tampilkan-budaya-betawi-meski-syuting-di-belanda

Bintang.com, Jakarta Si Doel The Movie akan segera tayang di bioskop Indonesia dalam hitungan hari. Tentu saja hal ini jadi angin segar para pecinta film Tanah Air, karena sinetronnya sangat booming di televisi di era 90'an.

Read More...

Sun, 22/07/2018 - 17:40:19 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/si-doel-the-movie-tetap-tampilkan-budaya-betawi-meski-syuting-di-belanda https://www.skanaa.com/en/news/detail/si-doel-the-movie-tetap-tampilkan-budaya-betawi-meski-syuting-di-belanda
PSIS Kalahkan Sepuluh Pemain Persebaya Di Magelang https://www.skanaa.com/en/news/detail/psis-kalahkan-sepuluh-pemain-persebaya-di-magelang

Football5star.com, Indonesia - Persebaya Surabaya gagal melanjutkan tren positif setelah dikalahkan PSIS Semarang di Stadion Madya Magelang, Minggu (22/7/2018). Bermain dengan hanya sepuluh pemain, Bajul Ijo (julukan Persebaya) kalah dengan skor 0-1.

CUPLIKAN PERTANDINGAN.

Mahesa Jenar akhiri laga di pekan 17 dengan kemenangan.#PSISvPSBY pic.twitter.com/GSiWJ6mmXI

- Go-Jek Liga 1 (@Liga1Match) July 22, 2018

Persebaya harus bermain dengan sepuluh pemain setelah kapten mereka di laga tersebut. Oktavianus Fernando mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-41. Tak hanya satu kartu merah yang keluar di laga tersebut, wasit yang memimpin jalannya pertandingan juga telah mengeluarkan delapan kartu kuning.

Aksi saling jegal dan menyerang dipertontonkan oleh kedua tim di laga tersebut. Persebaya punya peluang pertama setelah tendangan salto Robertino Pugliara mengancam gawang PSIS. Akan tetapi, peluang tersebut masih dapat diamankan oleh Kiper klub berjuluk Mahesa Jenar itu, Jandia Eka Putera.

Gol di laga tersebut baru tiba pada babak kedua tepatnya pada menit ke-50. Komarudin yang berhasil lepas dari jebakan offside mampu melepaskan tembakan yang tak dapat diamankan Kiper Persebaya, Miswar Saputra.

Tertinggal satu gol, Persebaya semakin intens meningkatkan serangan ke jantung pertahanan PSIS. Sebaliknya, klub besutan Vincenzo Annese tersebut memilih bertahan dan melakukan serangan balik.

Akan tetapi tak ada gol yang kembali tercipta hingga pertandingan usai. Skor 1-0 untuk PSIS Semarang bertahan hingga wasit meniup pluit tanda berakhirnya pertandingan.

Hasil tersebut membuat Pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera memperpanjang tren rekor buruk kala bertemu klub Liga 1 dengan pelatih asing. Sedangkan PSIS berhasil merebut kemenangan kandang kelima mereka di Liga 1 musim ini.

The post PSIS Kalahkan Sepuluh Pemain Persebaya Di Magelang appeared first on Football5star Berita Bola.

Sun, 22/07/2018 - 17:38:07 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/psis-kalahkan-sepuluh-pemain-persebaya-di-magelang https://www.skanaa.com/en/news/detail/psis-kalahkan-sepuluh-pemain-persebaya-di-magelang
Fasilitas Wah dalam Lapas: Mulai dari AC Sampai Bilik Asmara https://www.skanaa.com/en/news/detail/fasilitas-wah-dalam-lapas-mulai-dari-ac-sampai-bilik-asmara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penangkapan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Wahid Husen oleh peyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin menambah rangkaian panjang praktik suap dalam lapas. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengungkapkan, tarif untuk mendapatkan fasilitas mewah dalam sel narapidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat itu sekitar Rp 200 juta sampai Rp 500 juta.

"Ya, itu salah satu yang sedang kami teliti berapa seseorang itu membayar. Dari informasi awal ada rentangnya, sekitar Rp 200-Rp 500 juta," kata Laode M Syarif saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7) malam.

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan sudah berulangkali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar. Sehingga, menurutnya, sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah mengetahui praktik jamak suap di lapas.

"Mudah-mudahan melalui kasus ini bisa terbongkar seluruh jaringan bisnis 'hotel' di lapas yang sudah berkali-kali digerebek dan dibongkar baik oleh wamenkumham zaman Presiden SBY, maupun oleh Budi Waseso sebagai Kepala BNN yang mengerebek lapas mewah milik para bandar narkoba. Jadi sangat logis jika pejabat atasan seperti dirjenpas dan menteri sebenarnya mengetahui," katanya, Ahad (22/7).

Berikut rangkuman sejumlah praktik sewa menyewa ruangan sel penjara yang disulap layaknya menjadi hotel bintang lima.

  1. Artalyta Suryani alias Ayin

    Pada 10 Januari 2010 malam, anggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum yang dipimpin Denny Indrayana melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur. Di antaranya ke ruang terpidana Artalyta Suryani alias Ayin dan Limarita alias Aling terpidana seumur hidup dalam kasus narkoba.

    Ruangan Ayin berada di Blok Anggrek Nomor 19, dia tinggal bersama dengan asisten pribadinya, Asmiyati yang merupakan terpidana dua tahun enam bulan penjara. Di dalam ruangannya terdapat perlengkapan bayi untuk anak angkatnya.

    Sedangkan, di ruangan penjara Limarita alias Aling terdapat kamar khusus berukuran 3 x 3 meter dengan memiliki televisi layar datar ukuran 20 inchi serta dinding ruangannya telah disulap dengan motif daun serta bunga. Tidak luput juga ada meja kerja mewah.
  2. Haryanto Chandra alias Gombak

    Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 31 Mei 2017, menemukan ruangan sel mewah yang ditempati narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, Haryanto Chandra alias Gombak.

    Dalam sel tersebut, aparat BNN menemukan beberapa barang seperti satu unit laptop atau komputer jinjing, satu unit Ipad, empat unit telepon genggam dan satu unit token, serta memiliki fasilitas AC serta CCTV untuk memonitor setiap orang yang datang.

    "Dalam penggeledahan tersebut terlihat situasi ruangan sel yang tidak seperti ruangan sel pada umumnya. Di ruangan tersebut terdapat AC, CCTV yang bisa memonitor setiap orang yang datang, Wifi, akuarium ikan arwana dan menu makanan spesial," ungkap Budi Waseso, yang saat itu menjadi Kepala BNN.
  3. Freddy Budiman

    Pada September 2013, Gembong narkoba yang sudah dieksekusi mati Freddy Budiman juga sempat menghebohkan selain meski tinggal di dalam ruangan sel di Lapas Cipinang namun dirinya masih mengendalikan peredaran narkoba. Yang menarik juga dia memiliki ruang atau dikenal dengan 'bilik asmara'. Vanny Rossyane, model majalah orang dewasa pernah blak-blakan mengaku adanya ruangan mewah di Lapas Cipinang yang berujung pada pemecatan kalapasnya, Thurman Hutapea.
  4. Agusrin Najamuddin

    Pada Sabtu, 18 Mei 2013, Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum mendapati ruangan sel mewah di sel nomor 38 Lapas Sukamiskin. Ruangan itu dihuni oleh eks Gubernur Bengkulu, Agusrin Najamuddin. Di ruangannya yang berukuran 2,5 meter x 4 meter ditemukan tempat tidur, tape, meja kerja dan rak buku. Bahkan ada alat masak juga. Dia juga bisa memanggil narapidana lainnya untuk memijit jika letih yang tentunya mendapatkan imbalan tersendiri.
  5. Gayus Tambunan

    Pada November 2010, nama Gayus HP Tambunan kembali mencuat, manakala terdakwa kasus mafia pajak ini keluar dari Rumah Tahanan Markas Komando Brimob Kelapa Dua. Saat Mabes Polri melakukan inspeksi mendadak dan ternyata diketahui tahanan kasus mafia pajak ini tidak ada di selnya.

    "Divisi Propam sudah memeriksa sembilan orang anggota yang telah diganti dari tugasnya menjaga Rutan Mako Brimob, terkait keluarnya Gayus," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Iskandar Hasan di Jakarta, Senin (8/11).

    Sembilan anggota kepolisian yang terperiksa itu adalah Briptu BH, Briptu DA, Briptu AD, Bripda ES, Bripda JP, Bripda S dan Bripda B serta Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Kompol IS. Kesembilan orang anggota yang terperiksa secara struktur berada di bawah Satuan Pengamanan Protokol (Satpamkol) Satuan Pelayanan Markas (Satyanma) Mabes Polri.

    Sembilan anggota diperiksa atas dugaan pelanggaran disiplin dan etika profesi melanggar pasal 3 huruf g, pasal 4 huruf d dan f, pasal 5 huruf a, pasal 6 huruf q dan w dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2003 Tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri. Menurut dua anggota yang mengawal, Gayus sempat pulang ke rumahnya di Kelapa Gading, ujarnya. Akhirnya polisi menjemput Gayus di rumahnya tersebut.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Sri Puguh Budi Utami mengaku telah mendapat perintah dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly untuk segera mengevaluasi jajaran Ditjen PAS soal fasilitas lapas yang perlu dibenahi sesuai standar prosedur. Evaluasi akan dimulai besok.

"Senin besok akan dilakukan pembersihan semua fasilitas di lapas dan rutan yang tidak sesuai standar di seluruh Indonesia, termasuk di Lapas Sukamiskin. Menkumham pada Kamis juga memanggil Kepala Lapas dan Rutan merevitalisasi sesuai rencana yang sudah disusun," tulisnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Ahad (22/7).

Sri juga meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia termasuk kepada Presiden dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, atas kejadian OTT terhadap Kalapas Sukamiskin. "Ini masalah serius, dan itu diluar dugaan kami," tambahnya.

Menanggapi status tersangka Kalapas Sukamiskin yang saat ini tengah menjalani proses hukum di KPK, Sri mengatakan bahwa kejadian tersebut dilakukan oleh oknum. Selain itu, ia juga menjelaskan terkait warga binaan kasus korupsi di Lapas Sukamiskin agar ditempatkan di sel yang berbeda.

Menurutnya, hal itu diperlukan agar tidak ada rasa eksklusif warga binaan korupsi saat menjalankan massa pidananya. Sri mengatakan, beberapa waktu lalu pihak Ditjen PAS sudah mengirimkan surat kepada KPK supaya penempatan warga binaan koruptor tidak berada di dalam satu tempat Lapas.

"Supaya tidak ada ekslusivisme," katanya.

Berita Terkait
  • Mengapa Kalapas Sukamiskin Malah Tertawa Usai Ditangkap KPK?
  • Dirjenpas: Kejadian di Sukamiskin Masalah Serius
  • KPK Ungkap Alasan Artis Inneke Koesherawati Ikut Diamankan
Berita Lainnya
  • Apple Ungkap Emoji Baru di Hari Emoji Dunia
  • Ada Ganjalan di Hati Jokowi Saat Bertemu Lalu Zohri
    • Sun, 22/07/2018 - 17:37:44 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/fasilitas-wah-dalam-lapas-mulai-dari-ac-sampai-bilik-asmara https://www.skanaa.com/en/news/detail/fasilitas-wah-dalam-lapas-mulai-dari-ac-sampai-bilik-asmara Menhub Peringatkan Cuaca Beberapa Hari ke Depan Berbahaya untuk Pelayaran https://www.skanaa.com/en/news/detail/menhub-peringatkan-cuaca-beberapa-hari-ke-depan-berbahaya-untuk-pelayaran

      Liputan6.com, Jakarta Nelayan dan operator pelayaran diperingatkan kemungkinan besar terjadinya cuaca buruk di transportasi laut sehingga membahayakan kapal dan penumpang.

      Read More...

      Sun, 22/07/2018 - 17:32:03 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/menhub-peringatkan-cuaca-beberapa-hari-ke-depan-berbahaya-untuk-pelayaran https://www.skanaa.com/en/news/detail/menhub-peringatkan-cuaca-beberapa-hari-ke-depan-berbahaya-untuk-pelayaran
      Antrean Tiket Harian Meluber Sampai Keluar Stasiun Bekasi https://www.skanaa.com/en/news/detail/antrean-tiket-harian-meluber-sampai-keluar-stasiun-bekasi

      REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Penumpukan penumpang terjadi Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Ahad (22/7). Antrean penumpang KRL Commuter Line bukan hanya ada di loket dan gate elektronik, tapi hingga luar stasiun.

      Penumpang KRL yang telah memiliki kartu multi trip (KMP) harus membeli kartu harian akibat pembaruan sistem. Penumpukan juga bertambah karena beberapa gate elektronik tidak dapat berfungsi dengan baik.

      Salah satu penumpang di Stasiun Bekasi, Wawan, mengaku telah memiliki KMT, namun terpaksa harus mengantre untuk membeli kartu harian berjaminan. Hal itu terjadi karena KMT miliknya tidak dapat berfungsi.

      Dia sangat kecewa dengan lambatnya pelayanan petugas yang membuat penumpukan penumpang berlangsung cukup lama. Dia sempat diarahkan untuk menukar KMT-nya dengan KMT versi baru.

      "Saat sudah ditukar tetap tidak bisa, malah disuruh antre lagi untuk beli kartu harian," ujar Wawan.

      VP Komunikasi Perusahaan PT KCI, Eva Chairunisa menyampaikan, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator layanan KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para penumpang terkait antrean pada loket dan gate elektronik untuk masuk serta keluar.

      Eva menjelaskan pembaruan dan pemeliharaan sistem tiket elektronik ini telah direncanakan dan berjalan sesuai jadwal untuk sebagian besar stasiun. Namun, di sejumlah stasiun lain, pekerjaan terkendala waktu karena sempitnya rentang waktu (window time) saat KRL tidak beroperasi dan tidak ada transaksi tiket pengguna, sehingga sebagian perangkat gate dan point of sales loket di beberapa stasiun hingga kini masih dalam proses pemeliharaan dan belum dapat dioperasikan untuk melayani penumpang.

      Pembaruan sistem, lanjut dia, merupakan hal yang rutin dilakukan PT KCI demi menjaga performa sistem ticketing KRL Jabodetabek. Dia menjelaskan, saat ini, sistem elektronik KCI mencakup 760 gate elektronik, 233 vending machine, dan terhubung ke 79 stasiun yang melayani KRL.

      "Waktu pelaksanaan proses tersebut diprogramkan akan selesai hari ini dan diharapkan seluruh perangkat sudah dapat dioperasikan untuk pelayanan," kata dia.

      Berita Terkait
      • Ada Pembaruan Sistem, Kartu Multi Trip tak Bisa Digunakan
      • Tarif Kereta Bandara Bekasi-Soekarno-Hatta Didiskon
      • Kereta Bandara Kini Sudah Bisa dari dan ke Bekasi
      Berita Lainnya
      • Apple Ungkap Emoji Baru di Hari Emoji Dunia
      • Ada Ganjalan di Hati Jokowi Saat Bertemu Lalu Zohri
        • Sun, 22/07/2018 - 17:32:01 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/antrean-tiket-harian-meluber-sampai-keluar-stasiun-bekasi https://www.skanaa.com/en/news/detail/antrean-tiket-harian-meluber-sampai-keluar-stasiun-bekasi Gelombang hingga 6 Meter Intai Perairan Indonesia, Masyarakat di Wilayah Ini Perlu Wasapada https://www.skanaa.com/en/news/detail/gelombang-hingga-6-meter-intai-perairan-indonesia-masyarakat-di-wilayah-ini-perlu-wasapada

          JAKARTA - Masyarakat terutama di wilayah pesisir dan pengguna transportasi laut serta nelayan diimbau agar mewaspadai gelombang laut dengan ketinggian hingga enam meter yang terjadi pada 23-28 Juli 2018.

          Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati di Jakarta, Minggu mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi kecelakaan laut akibat gelombang tinggi.

          Dwikorita merincikan, tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter atau kategori sangat waspada berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian timur, perairan timur Kotabaru, Selat Makassar bagian selatan, Laut Flores, Perairan Baubau-Kepulauan Wakatobi, Laut Banda, perairan selatan Pulau Buru - Pulau Seram, Perairan Kepulauan Kei-Kepulauan Aru, Perairan Kepulauan Babar-Kepulaauan Tanimbar, Perairan barat Yos Sudarso, Laut Arafuru, Perairan Jayapura.

          Sedangkan tinggi gelombang 2,5 meter-4 meter atau kategori berbahaya berpeluang terjadi di Perairan Sabang, perairan utara dan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, barat Bengkulu hingga Kepulauan Enggano, perairan Barat Lampung, selat Sunda bagian selatan Jawa hingga Sumbawa, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Alas bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu dan perairan selatan Pulau Rote.

          Pada 24-25 Juli berpeluang terjadi peningkatan tinggi gelombang menjadi empat-enam meter atau sangat berbahaya di Perairan Sabang, Perairan utara dan barat Aceh, perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan barat Bengkulu hingga Lampung, Samudera Hindia barat Sumatera hingga perairan selatan Jawa hingga Sumba, Selat Bali, Selat Lombok Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia bagian selatan, Jawa hingga NTB.

          Kondisi tersebut disebabkan wilayah Indonesia memasuki periode puncak musim kemarau yaitu pada Juli dan Agustus. Kondisi tekanan tinggi yang bertahan di Samudera Hindia Mascarene High memicu terjadinya gelombang tinggi di perairan selatan Indonesia.

          "Kami imbau menunda kegiatan penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tinggi mereda dan masyarakat serta kapal-kapal kecil terutama kapal nelayan agar tidak memaksakan diri melaut," kata Kepala BMKG.

          Sun, 22/07/2018 - 17:31:54 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/gelombang-hingga-6-meter-intai-perairan-indonesia-masyarakat-di-wilayah-ini-perlu-wasapada https://www.skanaa.com/en/news/detail/gelombang-hingga-6-meter-intai-perairan-indonesia-masyarakat-di-wilayah-ini-perlu-wasapada
          Liga 1: PSIS Semarang Jinakkan 10 Pemain Persebaya https://www.skanaa.com/en/news/detail/liga-1-psis-semarang-jinakkan-10-pemain-persebaya

          Liputan6.com, Magelang - PSIS Semarang sukses memetik kemenangan atas tamunya, Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1, Minggu (22/7/2018). Bermain di Stadion Madya, PSIS menang tipis 1-0 pada pekan ke-17 Liga 1.

          Read More...

          Sun, 22/07/2018 - 17:31:19 +0700 https://www.skanaa.com/en/news/detail/liga-1-psis-semarang-jinakkan-10-pemain-persebaya https://www.skanaa.com/en/news/detail/liga-1-psis-semarang-jinakkan-10-pemain-persebaya